Sekolah di Sekitaran IKN Nusantara Bakal Direnovasi

Pendidikan657 views

Inionline.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan merenovasi sekolah di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang telah ditetapkan sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Renovasi sekolah agar ada keseimbangan antara pembangunan IKN dan infrastruktur pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Kami akan lakukan renovasi semua sekolah yang berada di sekitar kawasan IKN,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman Antara, Selasa, 16 Mei 2023.

Dia mengatakan pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara memunculkan harapan bagi dunia pendidikan. Khususnya, di Kecamatan Sepaku yakni sarana prasarana atau infrastruktur sekolah juga dapat merata.

Peningkatan infrastruktur sekolah sangat penting dalam menghadapi kepindahan IKN Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur tersebut. Basuki mengatakan pihaknya sudah merencanakan merenovasi seluruh sekolah di wilayah Kecamatan Sepaku sebagai kawasan inti IKN Indonesia baru.

“Renovasi sekolah itu pada tahap awal diprioritaskan di wilayah Kecamatan Sepaku karena menjadi lokasi pemindahan dan pembangunan IKN,” tutur dia.

Kementerian PUPR belum memprioritaskan renovasi sekolah di kecamatan lainnya di Kabupaten Penajam Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai daerah induk IKN Indonesia baru. Kementerian PUPR juga bakal merenovasi fasilitas umum lainnya yang sudah ada di Kecamatan Sepaku sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

“Fasilitas umum lainnya yang sudah ada seperti fasilitas kesehatan dan pasar akan dibenahi untuk pemerataan pembangunan,” kata Basuki.

Dia berharap pemindahan IKN Nusantara dapat memberikan dampak positif terhadap pemerataan pembangunan di daerah tersebut.