Penampakan Robot Ular yang Dipersiapkan NASA Jelajahi Permukaan Es di Saturnus

Iptek657 views

Inionline.id – Laboratorium Propulsi Jet NASA saat ini sedang memasuki waktu pengujian untuk robot baru mereka. Robot yang sedang mereka kembangkan ini diharapkan mampu mengungkap lebih banyak rahasia alam semesta di luar Bumi ini.

Sistem Exobiology Extant Life Surveyor (EELS) adalah sebutan untuk robot baru NASA. Robot ini memiliki bentuk yang seperti ular, yang dirancang untuk bermanuver atau bergerak cepat melalui formasi padat dan cair saat mengumpulkan sampel.

Dilansir dariĀ New York Post, Senin (15/5), salah satu tujuan lahirnya robot mirip ular ini adalah untuk mencapai Enceladus, salah satu dari 83 bulan Saturnus, dan nantinya robot ular ini akan diberi misi untuk memeriksa fitur es di permukaan Enceladus.

Dalam pembuatannya, tim EELS telah mempertimbangkan banyak hal yang mungkin akan dihadapi oleh teknologi baru NASA ini, salah satunya adalah kemampuan untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Robot sepanjang 16 kaki ini sekarang sedang melewati masa uji coba untuk memeriksa gletser dan gunung berapi di daerah yang tidak bersahabat di Bumi, percobaan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kemampuan robot EELS.

NASA sendiri belum menetapkan tanggal pasti akan kapan robot proyek EELS ini akan diluncurkan untuk misi yang sebenarnya. Dengan demikian, semua misi dan ide yang dibebankan pada robot ini masih dalam daftar tunggu dan mungkin akan disaksikan di masa depan.