Mahasiswa UB Sabet Juara 2 Kompetisi Internasional Prototipe Mobil ICCRC 2023

Pendidikan657 views

Inionline.id – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang tergabung dalam Tim ATOM Cher E Car meraih prestasi di ajang Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2023 pada Minggu, 14 Mei 2023. Tim Atom berhasil meraih 2nd Winner setelah melewati serangkaian seleksi konsep prototipe mobil.

Tim beranggotakan Muhamad Irfan, Putu Audley Divania Putri, Nabila Oktavia, Fajar Adianto Aribowo, Desty Octavianti, dan Mayland Faizal Al Chuzamy. Adapun tim ATOM Cher E Car dibimbing langsung oleh dosen UB, Bambang Poerwadi dan Supriyono.

“Seluruh tim diminta menunjukkan keunggulan prototipe masing-masing di hadapan juri dan peserta,” kata salah satu anggota tim, Mayland Muhamad Irfan, kepada Medcon.id, Kamis, 18 Mei 2023.

ICRCC merupakan kompetisi internasional yang diadakan untuk mahasiswa sarjana untuk merancang dan membuat prototipe mobil yang digerakkan oleh reaksi kimia yang akan membawa beban tertentu dengan aman dalam jarak tertentu dan berhenti. Kompetisi diselenggarakan oleh  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

“Kompetisi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan peserta dalam mengontrol reaksi kimia,” beber dia.

Irfan mengungkapkan sebelum tahap race, terdapat tahap test run. Pada tahap ini, setiap tim diberikan waktu untuk memperhitungkan seberapa banyak bahan kimia yang dibutuhkan agar mobil dapat melaju dan berhenti dengan sendirinya.

Pada race day, setiap tim diberikan kesempatan dua kali untuk melajukan mobil. Nilai yang diambil adalah nilai terbaik dari dua kali percobaan tersebut.

ATOM Nawasena mengusung konsep mobil kimia berbasis pressurized gas yang difilter menggunakan air regulator filter. Lalu, menggerakan piston yang dibantu oleh mechanical roller valve agar berjalan mulus dalam menggerakkan mobil.

Power source digunakan untuk menghasilkan gas bertekanan berasal dari reaksi dekomposisi hidrogen peroksida dibantu dengan adanya katalis untuk mempercepat reaksi.
Konsep tersebut membawa tim Atom berhasil menuntaskan challenge di urutan kedua dan berhasil menggaungkan kembali Jargon Atom, ‘Act like a champion, be a champion’ di atas podium.

“Dengan kembalinya juara ke pangkuan, semoga di tahun berikutnya Tim ATOM Chem E Car akan terus mengukir prestasi dan menjadi yang terbaik,” kata mahasiswa angkatan 2021 ini.