Kini WhatsApp Bisa Edit Pesan Terkirim dengan Batas 15 Menit

Iptek557 views

Inionline.id – WhatsApp atau WA kini telah memperkenalkan fitur edit pesan terkirim ke penggunanya secara global. Dalam blog resmi WhatsApp, Rabu (24/5), fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

“Saat-saat ketika membuat kesalahan atau sekadar berubah pikiran untuk mengirim pesan, kini Anda dapat mengedit pesan yang terkirim,” tulis pengumuman tersebut.

Dalam keterangannya itu, pengguna bisa mengoreksi kesalahan ejaaan sederhana hingga menambahkan konteks ekstra ke dalam pesan.

“Kami senang dapat memberi Anda lebih banyak kontrol atas obrolan Anda,” jelas WA.

Menariknya adalah pengirim dapat mengubah pesan mereka dalam waktu 15 menit setelah pesan terkirim.

Lantas, bagaimana caranya?

“Yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan lama pada pesan terkirim dan memilih ‘Edit’. Seperti halnya semua pesan pribadi, media, dan panggilan, pesan Anda dan pengeditan yang dilakukan dilindungi oleh pesan dengan enkripsi end-to-end,” ujar mereka.

Enkripsi end-to-end memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat membaca pesan, bukan platform yang digunakan untuk berkomunikasi.

Pesan yang sudah diedit akan menampilkan notifikasi ‘sudah diedit’ di sisi pesan tersebut, sehingga mereka yang dikirimi pesan mengetahui koreksi tanpa menunjukkan riwayat edit.