Kemendikbudristek Menyebut UTBK-SNBT Tak Cuma Lihat Keilmuan Siswa

Pendidikan257 views

Inionline.id – Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 berbeda dari UTBK tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menjadi transformasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Tahun ini, tak ada lagi Tes Potensi Akademik (TPA) dalam UTBK-SNBT 2023. Peserta hanya diuji Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematika, dan literasi bahasa.

“Dan materi ini betul-betul tidak hanya didasarkan pada kemampuan keillmuan siswa,” beber Sesdirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie, dalam konferensi pers daring, Senin, 8 Mei 2023.

Tjitjik menuturkan pada tes ini calon mahasiswa akan lebih dilihat dari kemampuan dan tingkat keberhasilan studi. Dia menyebut TPS, penalaran, dan literasi akan melihat kapasistas calon mahasiswa.

“Jadi, yang dilihat adalah potensi calon mahasiswa,” ujar dia.

UTBK-SNBT 2023 resmi digelar serentak Senin, 8 Mei 2023. Tahun ini, UTBK-SNBT diikuti 803.853 peserta dan digelar luring di 74 lokasi Pusat UTBK PTN se-Indonesia.

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Mochamad Ashari, menuturkan UTBK-SNBT 2023 digelar dalam dua gelombang. Gelombang I digelar pada 8–14 Mei 2023 dan Gelombang II digelar pada 22–28 Mei 2023.

“Hari pertama UTBK-SNBT tidak ada kendala serius, kita sudah koordinasi dengan berbagai instansi supaya membantu pelaksanaan UTBK,” kata Ashari.