Jutaan Warga Meksiko Diminta Siap Mengungsi, Aktivitas Gunung Api Naik

Internasional557 views

Inionline.id – Pemerintah Meksiko mengimbau jutaan warga mereka untuk mempersiapkan kemungkinan evakuasi seiring meningkatnya aktivitas gunung berapi aktif paling berbahaya di negara itu, Popocatépetl.

Pasalnya, gunung sudah memuntahkan abu ke beberapa kota terdekat sejak pekan lalu. Akibat muntahan abu gunung yang berada di bagian tengah negara itu, sejumlah penerbangan di Mexico City  harus ditunda dan sejumlah sekolah harus ditutup di puluhan kota.

Aktivitas Gunung Popocatépetl meningkat belakangan ini.

Karena peningkatan aktivitas itu, pada Minggu (20/5) lalu, Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional (CNPC) meningkatkan tingkat ancaman vulkanik gunung tersebut menjadi fase kuning 3.

Setelah status itu keluar, pemerintah kemudian meminta sekitar 3 juta orang yang tinggal di kota dan desa yang berdekatan dengan gunung berapi untuk tetap waspada dan bersiap untuk kemungkinan evakuasi.

CNPC juga memperingatkan akan terjadinya aktivitas vulkanik yang lebih besar dan penyebaran abu ke beberapa kota terdekat dengan kecepatan tinggi. Mereka karena itu juga merekomendasikan agar warga sekitar menghindari aktivitas di luar ruangan.

Sejatinya, sekitar 25 juta orang tinggal dalam radius 60 mil dari gunung itu.

“Dalam kasus Mexico City, risikonya adalah hujan abu. Kami siap untuk skenario itu dan kami tahu apa yang harus dilakukan. Mari tetap waspada,” kata Walikota Mexico City Claudia Sheinbaum dalam sebuah tweet pada Minggu lalu, Selasa (23/5).

Sementara itu, demi menjaga keselamatan penerbangan, otoritas Bandara Internasional Benito Juárez Mexico City (AICM) menutup sementara operasional mereka.

“Pelancong udara dapat terus mengalami penundaan penerbangan tambahan, pembatalan, atau penutupan bandara sementara dengan sedikit atau tanpa peringatan,” kata kedutaan AS di Meksiko.