Jelang Pemilu 2024, 20 Provinsi di Indonesia Miliki Anggota KPU Baru

Politik457 views

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik sebanyak 106 anggota KPU untuk 20 provinsi yang akan bertugas pada periode 2023-2028.

Pelantikan anggota KPU 20 provinsi se-Indonesia itu dipimpin langsung Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/5).

Hasyim kemudian membimbing anggota KPU daerah untuk membacakan sumpahnya. Mereka pun mengulangi ucapan Hasyim.

Setelah itu, Hasyim mewanti-wanti agar mereka dapat bekerja dan menaati asas profesionalitas dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Kami berharap, perundang-undangan, kode etik penyelenggaraan Pemilu itu dijadikan pedoman sehari-hari, supaya kemudian kita tidak mudah melenceng, tidak mudah tergiur, dan tidak mudah terpengaruh berbagai macam pihak yang tidak sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata Hasyim.

Hasyim mengatakan untuk mendapatkan para anggota baru ini, KPU pusat telah melakukan seleksi terhadap 106 anggota ini dengan cermat.

Salah satunya adalah memiliki mereka yang memiliki skor pengalaman lebih tinggi dari pada pengetahuan. Sebab ia meyakini, mereka yang berpengalaman sudah otomatis memiliki pengetahuan yang mumpuni.

Hasyim pun meminta agar ratusan anggota itu segera mempelajari PKPU dan tahapan detail penyelenggaraan Pemilu. Sebab ia menginginkan KPU tetap berintegritas dan profesional dan dapat menjamin pelaksaan Pemilu berjalan sesuai kerangka waktu lima tahunan dan capaian kinerja sesuai jadwal.

“Oleh karena itu, komunikasi, koordinasi di antara kita secara vertikal maupun horizontal menjadi suatu yang penting. Demikian juga penggunaan manajamen risiko untuk kita bisa melakukan berbagai rencana mitigasi kalau ada sesuatu yang potensial terjadi,” ujarnya.

Adapun anggota KPU yang dilantik hari ini berasal dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Kemudian Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.