Ini yang Bisa Dlakukan Orangtua untuk Atasi Anak Ketika Alami Gejala Kecemasan dan Stres

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada saat anak mengalami kecemasan dan stres, terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan oleh orangtua. Langkah awal adalah mengidentifikasi apakah kecemasan dan stres ini sedang dialami anak.

Kecemasan dan stres yang sudah teridentifikasi ini menjadi langkah awal yang perlu diketahui orangtua. Pada tahapan selanjutnya, orangtua perlu untuk mengetahui penyebab atau hal apa yang menyebabkan munculnya kecemasan dan stres pada anak ini.

Mengetahui penyebab ini merupakan langkah untuk mengatasi masalah stres yang dialami oleh anak ini. Berbicara dengan anak terutama ketika anak cukup terbuka dan mengetahui masalah mereka merupakan hal yang paling ideal bagi orangtua.

Sejumlah cara juga bisa dilakukan oleh orangtua untuk membantu anak mengatasi stres yang mereka alami. Dilansir dari Verywell Family, berikut sejumlah cara untuk mengatasi masalah kecemasan dan stres yang dialami oleh anak.

Cara yang Bisa Dilakukan di Rumah

Orangtua bisa membantu mengatasi kecemasan dan stres anak ini sejak dari rumah. Sejumlah langkah yang bisa diterapkan adalah:

Membuat kondisi rumah yang nyaman dan melaksanakan rutinitas di rumah. Makan malam keluarga bersama atau adanya waktu kebersamaan bisa mencegah kecemasan dan membantu mengatasi stres.

Jadikan rumah terasa nyaman dan aman bagi anak untuk beraktivitas dan berbicara. Perhatikan tontonan, bacaan, serta permainan anak. Jangan buat mereka menonton hal yang bisa membuat mereka takut.

Hal Lain yang Bisa Dipersiapkan pada Anak

Pastikan anak terlibat dalam berbagai kegiatan terutama yang mereka sukai. Usahakan untuk menciptakan situasi atau kondisi ketika anak bisa memilih sendiri atau menguasai situasi hidupnya.

Persiapkan anak terhadap berbagai perubahan yang mungkin terjadi di dalam kehidupan mereka. Pada perubahan yang sudah terjadi, pastikan juga membicarakan mengenai perubahan yang akan atau sudah terjadi di dalam kehidupan meerka.

Orangtua juga perlu untuk membuat anak terlibat dalam kegiatan sosial yang mungkin mereka sukai. Perhatikan juga lingkungan sekitar apakah ada ancaman terhadap hal-hal yang mereka sukai ini.

Kebiasaan Sehat

Penting bagi orangtua untuk menerapkan kebiasaan sehat seperti berolahraga dan merawat diri. Anak cenderung akan meniru hal yang dilakukan oleh orangtua sehingga hal ini bisa jadi mereka ikuti serta sangat membantu dalam mengatasi kecemasan serta stres.

Bagi orangtua, penting untuk memperhatikan gejala dan perilaku baru dari stres yang ditunjukkan oleh anak. Walau begitu, pastikan untuk hanya membicarakan masalah anak namun jangan terlalu banyak membantu bahkan memecahkan sendiri masalah mereka.

Bantuan dan dorongan dari orangtua ini sangat penting dalam menagtasi kecemasan dan stres yang dialami oleh anak. Pastikan juga untuk menjaga kepercayaan diri anak agar mereka tidak merasa rendah diri.

Sejumlah hal tersebut bisa dilakukan oleh orangtua untuk membantu mengatasi kecemasan dan stres pada anak. Walau begitu, penting untuk tidak mengesampingkan masalah anak ini dan pastikan untuk membawa buah hati berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.