Ini 8 Hal Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Iptek657 views

Inionline.id – Hampir semua ponsel akan berpotensi panas jika terlalu sering digunakan. Apabila hal ini terus terjadi, maka itu bisa menyebabkan hal berbahaya bagi ponsel, seperti kerusakan internal ponsel secara permanen.

Umumnya, ponsel akan memanas apabila dipaksa terus bekerja tanpa henti. Namun selain itu, ponsel juga bisa memanas karena faktor lain seperti faktor baterai yang tegang atau terlalu lama terkena panas matahari secara langsung.

Selasa (16/5), berikut beberapa penyebab umum yang membuat ponsel menjadi panas:

Sinar matahari langsung

Salah satu penyebab ponsel panas yang mungkin tidak disadari pengguna adalah membiarkan ponsel mereka terkena sinar matahari secara langsung. Meski hanya dalam waktu singkat, nyatanya sinar matahari bahkan mampu menguras baterai Anda dan menyebabkan masalah kinerja lainnya.

Jika pengguna membiarkan ponselnya terjemur oleh sinar matahari dalam waktu yang lebih lama, maka itu bisa menyebabkan efek yang lebih parah, seperti komponen internal ponsel yang rusak secara permanen.

CPU yang kelebihan beban

CPU adalah salah satu bagian krusial dalam badan ponsel, atau bisa juga dikatakan sebagai otak dari sebuah ponsel. Jika CPU terlalu bekerja keras tanpa henti bahkan di latar belakang ponsel, maka hal ini bisa menyebabkan ponsel menjadi panas hanya dalam waktu singkat.

Baterai atau kabel charger yang rusak

Tak jarang ponsel bisa sedikit menghangat saat benda pintar itu sedang diisi daya, dan hal ini memang lumrah terjadi. Namun, jika ponsel menjadi terlalu panas saat sedang diisi ulang, hal ini mungkin karena faktor baterai atau kabel pengisi daya yang rusak.

Pengaturan ponsel yang tidak optimal

Mengatur ponsel dengan kecerahan maksimal ditambah dengan banyaknya widget yang disimpan faktanya cukup membebani kinerja sebuah ponsel.

Jika ponsel terus memanas saat sedang tidak diisi daya atau tidak berada di bawah sinar matahari langsung, coba periksa kecerahan ponsel serta widget yang disimpan, dan jangan lupa juga untuk hindari penggunaan wallpaper 3D.

Bermain game dalam waktu lama

Layaknya PC, bermain game untuk waktu yang lama di ponsel juga bisa menyebabkan CPU tegang hingga berpengaruh pada suhu ponsel. Karena CPU ponsel akan terus bekerja selama game dijalankan, dan umumnya ini bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Belum lagi dengan game yang menuntut grafis maksimal, cukup membuat CPU ponsel bekerja keras selama beberapa jam.

Menonton tayangan streaming

Menonton tayangan streaming secara marathon di berbagai platform nyatanya juga mampu memperburuk kesehatan dan kinerja ponsel. Karena apapun aktivitas ponsel yang membuat benda pintar itu menyala dalam jangka waktu yang lama, maka GPUnya pun akan terus berjalan tanpa henti. Hal itu lah yang akan meningkatkan suhu panas ponsel.

Pembaruan perangkat lunak

Ponsel cenderung akan memanas saat menjalankan pembaruan perangkat lunak, atau bahkan setelahnya. Jika ada bug yang perlu diperbaiki saat pembaruan berlangsung, itu akan menggunakan lebih banyak daya yang menyebabkan ponsel panas. Namun umumnya setelah pembaruan berhasil selesai, perangkat akan dimulai ulang, dan ponsel akan mendingin sendirinya.

Keberadaan Malware atau virus

Keberadaan malware adalah faktor yang sangat kuat sebagai penyebab ponsel menjadi panas, dibanding dengan penyebab lainnya.

Jika ponsel terjangkit infeksi malware entah dari aplikasi palsu atau mengklik tautan yang terinfeksi, CPU ponsel dan memori ponsel dapat dibajak hingga membatasi kinerja internal ponsel. Hal ini jelas akan meningkatkan suhu panas ponsel secara cepat.

Cara Mengatasi HP Panas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan apabila ponsel terlampau panas, bukan dengan memasukan ponsel ke dalam lemari es, namun ini caranya:

Tutup semua aplikasi

Menjalankan terlalu banyak aplikasi bahkan di latar belakang ponsel dapat meningkatkan suhu ponsel dengan cepat. Maka dari itu menutup semua aplikasi bahkan aplikasi yang ringan sekalipun mampu membuat suhu ponsel menurun.

Sembunyikan ponsel dari sinar matahari

Menjauhkan benda pintar ini dari sinar matahari adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah ponsel dari panas yang berlebih. Demikian juga, menjauhkan ponsel dari dingin yang berlebihan, karena hal ini dapat berdampak yang sama merugikannya dengan panas yang berlebihan.

Lepas case ponsel

Nyatanya, casing ponsel mampu bertindak sebagai isolasi yang menyebabkan penumpukan panas pada badan ponsel. Lepaskan casing ponsel untuk membantu ponsel menjadi dingin. Jika ponsel masih memanas saat casing kembali dipasang, mungkin sebaiknya untuk sementara waktu ponsel tersebut harus hidup tanpa casing agar dia bisa bernafas.

Nyalakan mode pesawat

Banyak pengguna yang tanpa sadar gemar membiarkan GPS, Bluetooth, atau bahkan WiFi menyala bahkan saat tidak dibutuhkan. Faktanya, akan lebih baik jika semua fitur itu dimatikan dan ponsel diatur dalam mode pesawat agar ponsel tidak cepat panas.

Beralih ke mode hemat baterai

Menggunakan mode hemat baterai dapat membantu menghentikan proses latar belakang yang terus membuat sumber daya ponsel menjadi terlalu panas. Jika mode ini diaktifkan, maka akan membantu ponsel menjadi lebih dingin dari sebelumnya.

Matikan ponsel

Jika ponsel memiliki suhu panas yang sangat tinggi, terkadang satu-satunya jalan keluar adalah dengan mematikan ponsel tersebut. Ponsel yang tidak aktif akan menghentikan semua aplikasi dan program yang menguras sumber daya, dan mematikan ponsel akan membuat benda tersebut cepat mendingin hingga mencapai suhu normalnya.