Ini 7 Cara Mudah Bantu Buang Air Besar Secara Teratur di Pagi Hari

Kesehatan757 views

Inionline.id – Bisa buang air besar secara teratur di pagi hari merupakan hal yang tampaknya sepele tapi sangat dibutuhkan semua orang. Keteraturan ini bisa sangat membantu menjalani hari baik dalam mencegah adanya masalah pencernaan atau dalam mengatur mood.

Pada saat kita mengalami konstipasi di pagi hari dan kesulitan buang air besar, bisa jadi hari kita akan sedikit berantakan. Walau begitu tentu saja kebiasaan BAB di pagi hari ini sangat tergantung dari satu individu ke individu lainnya.

Sejumlah orang bisa BAB dengan mudah dan teratur di pagi hari sebelum menjalani berbagai aktivitas. Namun, sejumlah orang lain bisa saja memiliki jam dan frekuensi BAB yang berbeda sepenuhnya.

BAB yang teratur dan lancar ini bisa sangat ditentukan oleh keberadaan bakteri usus. Keberadaan bakteri usus ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara keseluruhan.

Agar memiliki jadwal BAB yang rutin di setiap pagi, ternyata ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Health Shots, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan BAB dan rutin melakukannya setiap pagi.

1. Perhatikan Asupan Air

Memastikan cukup asupan air merupakan hal yang penting untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan. Minum segelas air hangat di pagi hari bisa membantu menghidrasi tubuh dan memancing sistem pencernaan sehingga kamu bisa BAB dengan lancar di pagi hari.

Perhatikan Asupan Serat dan Lakukan Rutinitas secara Konsisten

2. Perhatikan Asupan Serat

Konsumsi makanan tinggi serat berupa sayur dan buah merupakan hal yang sangat penting dalam melancarkan pencernaan. Agar bisa BAB dengan lancar setiap hari, pastikan untuk konsumsi makanan tinggi serat ini pada setiap kali kamu makan.

3. Buat Rutinitas yang Konsisten

Konsistensi dalam menjalani rutinitas bisa sangat mempengaruhi kelancaran BAB di pagi hari. Memiliki waktu BAB yang spesifik di setiap pagi bisa membuat tubuh jadi terbiasa untuk buang air pada waktu tersebut.

Lakukan Aktivitas Fisik dan Kelola Stres

4. Lakukan Aktivitas Fisik

Berolahraga dan beraktivitas fisik bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh termasuk pada pencernaan kita. Melakukan aktivitas fisik yang cukup ringan seperti berjalan di pagi hari atau yoga bisa menstimulasi otot perut dan melancarkan BAB.

5. Kelola Stres

Stres dan kecemasan bisa memiliki dampak pada proses pencernaan kita yang berujung BAB tak lancar. Mengelola serta mengatasi stres yang kita miliki dengan melakukan meditasi, olahraga pernapasan, atau menulis jurnal bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Gunakan Stimulan Alami dan Buat Kamar Mandi yang Nyaman

6. Gunakan Stimulan Alami

Sangat disarankan untuk mejauhi obat pencahar dan memilih stimulan alami untuk melancarkan BAB. Air hangat atau teh herbal bisa sangat membantu kita dalam buang air besar tanpa khawatir efek samping yang bakal muncul bagi tubuh.

7. Buat Kamar Mandi yang Nyaman

Membuat kondisi kamar mandi yang nyaman bisa membantu dalam BAB secara lancar. Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi dan penerangan yang baik, jauh dari gangguan, serta tidak membuatmu merasa terburu-buru. Hal ini bisa membuatmu untuk buang air besar secara lancar dan sehat.

Menerapkan berbagai hal ini bisa membantu kamu menjadi lancar buang air besar setiap pagi. Kondisi perut yang sudah ‘plong’ di pagi hari ini bisa sangat membantu untuk menjalani aktivitas tanpa khawatir dengan masalah pencernaan.