Ini 6 Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Selain Menjadi Guru

Pendidikan357 views

Inionline.id – Jurusan Pendidikan di sejumlah universitas menjadi salah satu jurusan favorit dan banyak diminati. Jurusan ini mempunyai kontribusi dalam memastikan akses dan kualitas pendidikan untuk semua orang.

Pasalnya, lulusan dari jurusan pendidikan kerap mencetak tenaga pendidik alias guru. Namun, lulusan sarjana pendidikan bisa mempertimbangkan sejumlah karier selain menjadi guru lho.

Bagi kamu yang sedang merencanakan kuliah di jurusan pendidikan atau sebentar lagi lulus menjadi sarjana pendidikan, berikut enam prospek kerja yang bisa digeluti sarjana pendidikan dilansir dari akun Instagram @kemdikbud.ri:

1. Konselor Pendidikan

Konselor pendidikan merupakan salah satu profesi yang berkecimpung di bidang pendidikan. Nah, sebagai sarjana pendidikan profesi ini bisa menjadi pilihan karena tentunya memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih di bidang pendidikan. Profesi ini bertugas memberi arahan untuk menentukan solusi permasalahan yang terjadi di instansi pendidikan maupun siswa yang bisa memengaruhi proses belajar mengajar.

2. Instruktur Pelatihan Kejuruan

Biasanya profesi ini akan bekerja di sekolah kejuruan seperti sekolah kejuruan mesin, listrik, tata boga, otomotif dan lainnya. Namun, untuk menjadi instruktur harus memiliki ijazah khusus terlebih dahulu sebagai lisensi.

3. Penulis

Bagi kamu sarjana pendidikan yang cinta dengan dunia literasi, pilihan karier sebagai penulis bisa jadi pertimbangan. Pasalnya, penulis merupakan salah satu profesi yang bisa digeluti oleh siapa pun yang memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan menyampaikan informasi dengan baik dalam tulisan.

4. Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan merupakan salah satu profesi yang bisa dipilih untuk kamu yang bergelar sarjana pendidikan. Profesi ini akan bertugas mengatur berbagai hal terkait administrasi sekolah, seperti absensi pekerja, mengatur biaya pengeluaran, mengawasi aset sekolah, membantu mengarahkan guru atau karyawan baru, dan ikut menetapkan kebijakan atau prosedur sekolah.

5. Wartawan

Di beberapa perusahaan media menerima pegawai untuk wartawan dengan gelar sarjana dari bidang apa pun di luar jurnalistik. Sebab, pada dasarnya kemampuan terpenting seorang wartawan adalah cara komunikasi yang baik. Sebagai sarjana pendidikan tentunya kamu mempelajari ilmu komunikasi karena dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.

6. Relawan Pendidikan

Saat ini pemerintah memiliki program Indonesia mengajar serta program SM3T (Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Tertinggal, dan Terdepan). Sebagai sarjana pendidikan kamu bisa menjadi relawan pendidikan melalui program tersebut dan mengajar di pelosok Indonesia.