Ini 6 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dari Kebiasaan Tidur Lebih Cepat

Kesehatan1357 views

Inionline.id – Tidur awal lebih cepat pada beberapa orang merupakan sebuah kemewahan yang sulit dicari. Padatnya pekerjaan atau banyaknya kegiatan sering membuat seseorang menjadi terjaga hingga cukup malam.

Selain karena padatnya kegiatan, pola tidur seseorang juga sering menjadi halangan bagi mereka untuk tidur lebih cepat. Ketika seseorang bisa tidur lebih cepat, maka pada esok harinya dia juga bisa terbangun lebih cepat.

Walau begitu, tak semua tidur lebih cepat itu tergolong normal karena bisa saja mereka tengah menderita masalah. Seseorang yang menderita sindrom fase tidur lebih cepat cenderung membuat orang tidur dan bangun lebih awal dibanding batas normal. Masalah ini diderita setidaknya 1 dari 300 orang dan mengganggu ritme sirkadian mereka.

Secara garis besar, tidur dan terbangun lebih awal memiliki manfaat bagi kesehatan seseorang. Tentu saja ketika kondisi ini terjadi pada seseorang secara alami dan bukan sebagai penyakit.

Bangun dan tidur lebih awal pada seseorang ini bisa memberi manfaat yang lebih baik pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Selain menyehatkan, kebiasaan ini juga bisa membuatmu lebih produktif dan meningkatkan kapasitas tubuh secara kuat.

Sebelumnya telah banyak dibahas mengenai dampak buruk tidur terlalu malam bagi seseorang namun tidak banyak dibahas mengenai manfaat tidur lebih awal. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat yang bisa didapat dari bangun lebih awal.

Meningkatkan Sikap Positif

Ketika seseorang kurang tidur, sering muncul pikiran negatif berulang dalam jumlah tinggi. Berdasar sebuah percobaan, diketahui bahwa memiliki tidur yang cukup terutama ketika di pagi hari, maka akan muncul pikiran positif dan kekhawatiran yang juga berkurang.

Mempertajam Otak

Ketika seseorang kurang tidur, maka terdapat sejumlah masalah proses kognitif seperti pada perhatian, bahasa, ingatan, dan logika. Bekerja ketika kekurangan tidur bisa membuatmu lebih banyak melakukan kesalahan. Dengan tidur yang cukup, keterampilan kognitifmu bakal tetap terjaga sehingga kamu tetap tajam dan pintar.

Memperbanyak Teman

Kurang tidur bisa membuatmu lebih mudah gusar dan marah-marah sehingga dijauhi orang lain. Ketika kamu tidur dalam jumlah yang cukup, maka mood yang kamu miliki bakal membaik dan juga lebih mudah mendapat teman.

Hidup Lebih Lama

Seseorang yang mengantuk, cenderung melakukan hal ceroboh dan kurang berpikir panjang sehingga cukup dekat dengan bahaya. Ketika kamu tidur dalam waktu yang cukup, maka kamu bisa mencegah terjadinya hal-hal celaka sehingga kamu dapat hidup lebih lama.

Meningkatkan Kemampuan dalam Pekerjaan

Ketika otak berada dalam kondisi optimal dan tajam, kamu tidak bakal mengalami masalah dalam pekerjaan. Ketika kamu cukup tidur, maka tidak ada masalah dan bahkan kamu tak membutuhkan kafein untuk menjaga produktivitasmu.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Ketika seseorang tidur dalam jumlah cukup, maka tingkat kortisol dalam darah berkurang dan membuat kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Hal ini bisa membuatmu lebih sehat dan terjaga dari serangan penyakit.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh dengan waktu tidur yang lebih awal. Pastikan untuk memperoleh waktu tidur yang cukup juga agar kamu memperoleh sejumlah manfaat kesehatan ini secara optimal.