Ini 5 Cara Hindari Kulit Terasa Lengket dan Berkeringat kala Udara Panas

Kesehatan057 views

Inionline.id – Datangnya musim kemarau seperti sekarang menyebabkan sinar matahari terasa begitu terik. Hal ini juga membuat udara menjadi terasa panas pada beberapa waktu terakhir.

Kondisi cuaca yang panas ini menyebabkan kita menjadi lebih mudah berkeringat terutama di siang hari. Tingginya keringat yang keluar ini menyebabkan kulit kita menjadi lebih mudah lengket.

Dilansir dari Health Shots, dr. Mahima Agarwal, pakar kesehatan kulit dari Fortis Hospital, Shalimar Bagh, New Delhi, menjelaskan mengapa masalah ini lebih rentan dialami di siang hari. Banyaknya keringat yang muncul karena udara panas yang bertemu dengan minyak alami di wajah dan kulit menyebabkan kulit menjadi terasa lengket.

Hal ini bisa terasa sangat menyebalkan terutama ketika kita banyak beraktivitas. Dilansir dari Health Shots, berikut cara menghindari terjadinya kulit berkeringat dan lengket di siang hari.

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Gunakan pembersih wajah dua kali sehari untuk mencegah penumpukkan minyak, keringat, dan kotoran di wajah. Menjaga wajah tetap bersih merupakan kunci dari mencegah masalah ini.

Pilih pembersih wajah yang paling cocok dengan jenis kulitmu untuk mencegah munculnya masalah. Pada kulit sensitif dan kering, gunakan produk pembersih yang lembut dan bebas pewangi. Sementara pada kulit berminyak, gunakan jenis pembersih wajah yang cocok untuk kulitmu.

Gunakan Baju Kering dan Cuci Secara Rutin

2. Gunakan Baju Kering

Pada saat kamu mulai berkeringat, penting untuk menghilangkan keringat ini. Gunakan pakaian yang kering atau handuk kering untuk menghilangkan keringat. Walau begitu, hindari membersihkan bagian wajah karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan bisa menyebabkan kemerahan atau benjolan.

3. Cuci Pakaian yang Mau Digunakan

Menggunakan pakaian yang memiliki bekas keringat atau masih belum dicuci bisa menyebabkan infeksi. Pada saat usai olahraga, pastikan untuk segera mencuci dan mengganti pakaian yang digunakan serta pastikan mandi untuk menghilangkan keringat. Pada saat udara tengah panas, hindari berolahraga di luar ruangan dan pastikan berada di tempat teduh terus-menerus.

Gunakan Produk yang Tepat serta Jaga Tetap Dingin

4. Gunakan Produk yang Tepat

Beberapa produk perawatan kulit terutama pada produk impor, biasa dimaksudkan untuk musim-musim tertentu. Pastikan untuk memilih produk yang cocok untuk musim panas atau pada daerah tropis. Hal ini karena produk tersebut biasa sangat cocok untuk kondisi cuaca panas di daerah tropis.

5. Jaga Tubuh Tetap Dingin

Untuk membuat tubuh dan udara tetap dingin, kamu bisa menggunakan kipas, mandi air dingin, atau berada di ruangan berpenyejuk udara agar kulit tetap merasa sejuk. Hindari berada di tempat yang terlalu terik atau terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi kulit yang memunculkan ruam kulit dan menimbulkan rasa gatal.

Pada mereka yang memiliki kulit berminyak, kulit lengket lebih rentan terjadi karena bercampurnya minyak, keringat, serta kotoran. Untuk mencegah masalah lengket ini, selain sejumlah cara di atas, pastikan untuk menggunakan pelembap atau tabir surya.

Pastikan juga untuk tidak menggunakan make-up terlalu tebal dan sebisa mungkin segera bersihkan ketika sampai rumah. Hal ini bisa mencegah kulit tersumbat yang berujung kulit mengalami breakouts dan infeksi bakteri.