Ini 4 Dampak Buruk dari Konsumsi Kopi ketika Tubuh Lelah dan Mengantuk

Kesehatan857 views

Inionline.id – Salah satu minuman yang biasa dikonsumsi seseorang untuk menambah energi adalah kopi. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan banyak orang di pagi hari atau pada saat mengantuk.

4 Dampak Buruk dari Konsumsi Kopi ketika Tubuh Lelah dan Mengantuk

Kandungan kafein ini tidak hanya bisa dijumpai di dalam kopi saja. Kandungan ini juga bisa ditemui pada teh, cokelat, atau minuman bersoda.

Walau bisa membuat kita menjadi terjaga, namun pada kondisi tertentu minum kopi bisa membuat tubuh justru jadi lemas. Sejumlah alasan juga membuatnya sebaiknya dihindari saat lelah dan mengantuk karena efeknya pada tubuh. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah dampak buruk konsumsi kopi terhadap tubuh yang lelah dan mengantuk.

Sebabkan Dehidrasi dan Ganggu Kualitas Tidur

Menyebabkan Dehidrasi

Kafein memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Jika tubuh sudah dalam keadaan lelah dan kekurangan cairan, minum kafein dapat memperburuk dehidrasi dan menyebabkan kelelahan serta lemas.

Mengganggu Kualitas Tidur

Kafein bisa berada di dalam tubuh untuk waktu yang lama, hal berarti efeknya dapat bertahan hingga beberapa jam setelah dikonsumsi. Jika Anda minum kafein terlalu dekat dengan waktu tidur, efeknya dapat mengganggu kualitas tidur dan membuatmu merasa lebih lelah di pagi hari.

Tingkatkan Kecemasan dan Masalah Pencernaan

Meningkatkan Kecemasan

Kafein dapat meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol sehingga meningkatkan kecemasan dan stres. Jika tubuh sudah merasa lelah, minum kafein dapat memperburuk kondisimu sehingga kamu merasa lebih gelisah dan tidak nyaman.

Memperburuk Gangguan Pencernaan

Kafein dapat memperburuk gangguan pencernaan seperti asam lambung dan iritasi usus. Jika tubuh sudah dalam keadaan lelah dan sensitif, minum kafein dapat membuat gangguan pencernaan semakin buruk dan menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit perut.

Untuk menghindari dampak buruk minum kafein saat sedang lelah dan mengantuk, sebaiknya hindari minuman berkafein. Selain itu, coba untuk mengambil waktu beberapa menit untuk beristirahat saat perlu dan mencari cara lain untuk merangsang energi dan fokus seperti gerakan fisik ringan atau berjalan-jalan di luar ruangan.