Ilmuwan Menemukan Struktur Raksasa di Bawah Permukaan Bulan

Inionline.id – Bulan selalu memiliki daya tarik tersendiri hingga menjadikannya objek penelitian favorit bagi para ilmuwan dan astronot. Meskipun telah banyak studi yang mengungkapkan temuan-temuan di sana, Bulan masih memiliki banyak rahasia yang bisa diungkap.

Salah satu rahasia tersembunyi pada Bulan berhasil digali oleh para ilmuwan berkat misi Gravity Recovery and Interior Laboratory (GRAIL) NASA, yang mengukur perubahan medan gravitasi Bulan. Temuan ini terkubur di bawah cekungan kutub selatan Aitken di wilayah Bulan, salah satu kawah terbesar di tata surya.

Temuan ini berupa struktur dengan berat kurang lebih sekitar 2,18 miliar kilogram dan berukuran lebih dari 300 km dengan panjang 2000 km. Para peneliti mengemukakan bahwa struktur ini terbuat dari logam inti asteroid atau oksida dari kristalisasi lautan magma.

“Salah satu penjelasan dari massa ekstra ini adalah bahwa logam dari asteroid yang membentuk kawah ini masih tertanam di mantel Bulan,” Jelas penulis utama studi ini, Peter B. James dilansir dari Indy100, Seniin (8/5).

James turut menjelaskan betapa besarnya temuan ini yang digambarkan seperti tumpukan logam lima kali lebih besar dari pulau Hawaii dan itu terkubur di bawah permukaan tanah.

“Bayangkan mengambil setumpuk logam lima kali lebih besar dari Pulau Besar Hawaii dan menguburnya di bawah tanah. Itu kira-kira berapa banyak massa tak terduga yang kami deteksi,” jelas dia.