Hewan Ini Ternyata Jadi Teman Dinosaurus di Zamannya

Iptek1657 views

Inionline.id – Sebagai makhluk hidup, hubungan simbiosis merupakan hal umum yang kerap kali dijumpai. Hal ini karena sejatinya, makhluk hidup tidak bisa hidup sendirian.

Hubungan yang terjalin antar makhluk hidup ini juga beragam, baik hubungan simbiosis yang menguntungkan maupun hubungan yang merugikan.

Sebagai contoh simbiosis yang menguntungkan adalah antara lebah dengan bunga, ikan remora dengan ikan hiu, atau bahkan hubungan nyamuk dengan manusia.

Lalu, apakah jutaan tahun yang lalu, reptil purba dinosaurus juga mengalami pengalaman hubungan simbiosis yang menguntungkan dengan hewan lain?

Rabu (24/5), sebuah studi berhasil membuktikan bahwa fosil dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex ternyata juga dipengaruhi oleh parasit.

Hal ini dibuktikan dengan cara membandingkan fosil reptil purba tersebut dengan lesi yang mirip. Hasilnya terbukti bahwa fosil tersebut dipengaruhi parasit yang disebabkan oleh parasit protozoa. Parasit protozoa ini dihasilkan dari seekor burung.

Namun, sejauh ini belum ada studi lain yang berhasil membuktikan hubungan dinosaurus dengan hewan lain, karena bukti seperti itu jarang menjadi fosil.

Tetapi ilmuwan berpikir bahwa sama seperti buaya yang memiliki burung untuk membantunya membersihkan gigi, besar kemungkinan bahwa dinosaurus juga memiliki pengalaman tersebut dengan kaum burung di zaman mereka.