Di Tahun 2023 Sri Mulyani Optimis Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen

Ekonomi157 views

Inionline.id – Sri Mulyani Menteri Keuangan yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh mencapai 5,3 persen pada 2023 ditopang oleh berbagai faktor.

Ani, sapaan akrabnya, menyebut faktor yang mendukung pertumbuhan Indonesia, di antaranya kinerja ekspor yang tetap tinggi, konsumsi swasta yang membaik, dan konsumsi pemerintah yang tumbuh positif. Selain itu,investasi nonbangunan yang juga baik karena hilirisasi yang dijalankan pemerintah.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 akan bias ke atas dalam kisaran 4,5 hingga 5,3 persen,” katanya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Senin (8/5).

“Sementara kinerja ekspor tetap kuat didorong ekspor non migas ke negara utamanya Tiongkok, AS, dan Jepang,” imbuhnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia mencapai 5,03 persen secara year on year (yoy) pada kuartal I 2023. Capaian ini lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu, yakni 5,02 persen.

Ekonomi tercatat tinggi secara tahunan karena seluruh lapangan usaha pada kuartal I 2023 ini tumbuh positif. Yang tertinggi, ada sektor transportasi dan pergudangan yang tumbuh 15,93 persen, akomodasi dan makan minum tumbuh 11,55 persen, dan jasa lainnya tumbuh 8,90 persen.