Di Jakarta Kemenkes Mulai Uji Coba Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

Berita157 views

Inionline.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan pemerintah telah memulai uji coba program pemeriksaan kanker serviks secara gratis bagi warga DKI Jakarta.

Kemenkes juga berencana memperluas uji coba itu ke seluruh provinsi Indonesia.

“Pemeriksaan HPV DNA untuk usia 30-50 tahun atau wanita yang sudah menikah. Saat ini di Jakarta uji coba pelaksanaannya,” kata Nadia, Rabu (24/5).

Nadia menambahkan program pemeriksaan HPV DNA memang disarankan bagi mereka yang sudah menikah atau perempuan yang sudah aktif dalam berhubungan seks. Ia juga memastikan tidak ada persyaratan khusus lainnya pada skrining kali ini.

“Siapa saja bisa datang ke puskesmas, tidak hanya yang memiliki KTP DKI ya,” ujarnya.

Nadia juga menginformasikan di sisi lain pemerintah juga tengah memulai program vaksin human papillomavirus (HPV) yang diperuntukkan untuk siswa SD kelas 5 dan 6. Pemberian vaksin HPV ini akan diberikan secara gratis bersamaan dengan program imunisasi nasional.

Adapun sebenarnya demonstrasi program vaksinasi HPV sudah dimulai sejak 2016. Hingga 2021, program induksi secara bertahap dilakukan di 20 kabupaten/kota di antaranya di DKI Jakarta (semua kota administrasi), DI Yogyakarta (semua kabupaten/kota), Jawa Tengah (Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar).

Sedangkan di Jawa Timur (Kota Surabaya, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Lamongan), Bali (Kota Denpasar dan Kabupaten Badung), Sulawesi Selatan (Kota Makassar), dan Sulawesi Utara (Kota Manado).

Pada 2022 induksi diperluas bagi anak perempuan kelas 5 SD di 111 kabupaten/kota (Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Utara). Total sasaran lebih dari 800 ribu anak kelas 5 SD dan kelas 6 SD dengan target cakupan 95 persen.

Pada tahun ini, pemerintah menargetkan program vaksinasi secara nasional dengan sasaran lebih dari 2 juta anak perempuan kelas 5 SD dan kelas 6 SD.