Di Hari Kedua KTT, Jokowi dan Pemimpin Negara ASEAN Kompak Pakai Batik

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Di hari kedua sekaligus terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Jokowi dan para pemimpin negara bersiap untuk melangsungkan pertemuan-pertemuan yang sudah dijadwalkan.

Dilihat dari siaran langsung di Media Center KTT ASEAN, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023), para pemimpin negara ASEAN itu mulai merapat ke lokasi pertemuan sekitar pukul 08.30 Wita. Adapun lokasi pertemuan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Satu per satu para pemimpin negara ASEAN hadir. Mereka disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di pintu kedatangan dan selanjutnya dibawa ke ruang tunggu.

Jokowi pun sudah terlihat di ruang tunggu untuk menyambut para pemimpin negara ASEAN tersebut. Di hari kedua KTT ini para pemimpin negara ASEAN terlihat kompak mengenakan batik. Sebelumnya di hari pertama kemarin mereka mengenakan setelan jas.

Tiba di ruang tunggu, Jokowi dan para pemimpin negara ASEAN melihat suasana pantai Labuan Bajo. Untuk diketahui, Hotel Meruorah yang menjadi lokasi pertemuan berada di tepi pantai.

Di hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN ini dijadwalkan akan ada tiga kali pertemuan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin dua dari tiga pertemuan tersebut.

“Hari ini merupakan hari kedua dan terakhir dari KTT ke-42 ASEAN di mana akan berlangsung tiga pertemuan,” kata Juru Biaara Kemlu Teuku Faizasyah, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2023).

Ketiga pertemuan itu akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT. Dua pertemuan yang akan dipimpin Jokowi adalah Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sedangkan satu pertemuan lain yaitu Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Sebab keketuaan BIMP-EAGA saat ini dipegang oleh Malaysia.

Keseluruhan rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 dihadiri delapan pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor Leste. KTT akan ditutup dengan konferensi pers oleh Jokowi di Media Center, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023).