Dedie Rachim Antar Calon Jamaah Haji Menuju Tanah Suci

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Sebanyak 984 calon jamaah haji asal Kota Bogor mulai meninggalkan ‘kota hujan’ untuk melaksanakan ibadah di tanah suci. Rencananya, para jamaah akan bertolak ke tanah suci pada Rabu (31/5/2023).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengantarkan langsung para jamaah menuju bus yang akan berangkat ke Embarkasi, Bekasi dari Masjid Raya Bogor, Selasa (30/5) pagi. Mereka semua masuk dalam keberangkatan dari kloter 17.

“Hari ini ada 400 jamaah yang berangkat dari total 984 jamaah. Kita doakan supaya berjalan lancar, sehat dan selamat dan kembali ke Kota Bogor dengan keadaan haji yang mabrur,” kata Dedie usai melepas calon jamaah haji.

Tahun ini, kata Dedie dari data yang ada, jamaah haji didominasi oleh jamaah lanjut usia (lansia). Pendaftar lansia paling terbanyak hingga 70 persen dan 30 persen yang diberangkatkan. Calon jamaah haji yang berangkat juga didampingi oleh 8 petugas dari Kota Bogor.

“Kenapa cukup banyak, karena beberapa kali tertahan. Tahun lalu diberangkatkan hanya di bawah usia 65, yang di atas 65 tidak diberangkatkan. Baru kali ini diberangkatkan setelah masa pandemi dua tahun vakum,” sambung Dedie.

Dedie mengingatkan kepada calon jamaah haji agar mengikuti semua aturan yang ada, baik aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi maupun penyelenggara haji dari Indonesia.

Kemudian, Dedie juga mengingatkan agar para calon jamaah haji bisa menjaga kondisi tubuhnya.

“Jaga kesehatan, jangan lupa minum vitamin dan menjaga makan yang teratur agar kondisi fisiknya tetap prima. Karena cuaca mungkin tidak menentu untuk menjalankan ibadah yang cukup berat,” katanya.