Cek Jalan Rusak yang Viral di Medsos, Jokowi Kunjungi Lampung Hari Ini

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Lampung pada Rabu (3/5) ini. Jokowi akan mengecek langsung kondisi jalanan di Lampung yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat yang sempat viral di media sosial.

“Ruas-ruas jalan daerah, bukan nasional, yang dikeluhkan oleh masyarakat, beliau akan lihat,” kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/5).

Basuki mengatakan Jokowi akan langsung membuat kebijakan setelah peninjauan itu. Ia menyebut akan ada instruksi presiden (inpres) khusus mengenai pembangunan jalan daerah. Namun, Basuki belum menjelaskan detail soal inpres itu.

“Apa nanti yang beliau akan perintahkan kepada saya, kalau nanti kalau bisa kerjakan, saya kerjakan,” ujarnya.

Sementara itu, jelang kedatangan Jokowi, foto-foto pejabat daerah meninjau perbaikan jalan yang rusak ramai di media sosial.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda Lampung pun mengecek kondisi jalanan menjelang kunjungan Jokowi. Pada Senin (1/5), Arinal dan rombongan, meninjau jalanan di Rumbia, Lampung Tengah.

“Jalan di Rumbia ini sendiri sudah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu Ruas Simpang Randu – Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun 2023 ini,” kata Arinal dalam keterangan tertulis.

“Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN,” imbuh dia.

Ia mengklaim proyek infrastruktur merupakan prioritas untuk dilaksanakan. Namun, Arinal berdalih pandemi Covid-19 membuat anggaran dialihkan untuk bidang kesehatan, pengaman sosial, hingga stimulus bagi UMKM

“Mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah merupakan salah satu misi dari visi Rakyat Lampung Berjaya,” katanya.

Di Lampung Tengah, ia mengatakan Pemprov bakal membangun beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan di 2023 ini.

“Yakni Ruas Kota Gajah – Simpang Randu, Ruas Simpang Randu – Seputih Surabaya dan Ruas Seputih Surabaya – Sadewa,” ujar dia.