Bisa Memicu Kebakaran, Jangan Pernah Sekali-kali Lakukan Ini saat HP Dicas

Iptek857 views

Inionline.id – Kebakaran dapat terjadi hampir di mana saja yang melibatkan HP. Seringnya, itu terjadi karena peralatan yang jelek atau cara mengecas HP. Barangkali sebagian dari kita, masih memiliki perilaku buruk saat mengisi daya baterai HP.

Sebagai contoh, mengecas HP dan menyimpannya di bawah bantal. Perilaku ini sebaiknya segera dihentikan. Menurut laporan yang sempat ditulisSlashGear, Sabtu (13/5), mengisi baterai HP di bawah bantal semalaman merupakan risiko yang besar yakni konslet dan kebakaran.

Secara umum, ponsel, laptop, atau sebagian besar perangkat elektronik kecil lainnya akan mati sendiri sebelum menjadi cukup panas untuk menyalakan api. Meskipun demikian, harus selalu menjaga agar berbagai ventilasi udara di perangkat tetap terbuka dan bebas untuk menghilangkan panas.

Semakin panas HP, semakin besar kemungkinan HP akan mati sepenuhnya dan berpotensi merusak data bawaan, foto, dan sebagainya. Paling berbahaya terjadinya kebakaran dan bisa saja merenggut nyawa.

Penelitian mengungkapkan bahwa 53 persen anak atau remaja mengisi daya ponsel atau tablet mereka di tempat tidur atau di bawah bantal. Panas yang dihasilkan tidak dapat hilang dan pengisi daya akan menjadi semakin panas. Kemungkinan hasilnya adalah bantal atau tempat tidur akan terbakar.

Kejadian itu pun pernah terjadi di AS. Berdasarkan laporan dari Pemadam Kebakaran Newton NH AS, HP yang dicas di bawah bantal tiba-tiba konslet dan terbakar hingga membakar sebagian kecil kasur. Beruntung kejadian itu segera ditanggulangi.

Dari sisi teknis, kabel listrik memiliki tiga lapisan. Ada bagian luar, lalu lapisan pelindung yang mengelilingi dan melindungi lapisan terakhir, dan tembaga, bahan yang mengalirkan daya dari stop kontak ke HP. Situasi yang paling mungkin terjadi adalah kabel daya rusak sebelum kebakaran, dan adanya kabel tembaga yang terbuka kemudian menyebabkan lonjakan listrik.