Bahas Isu Sistem Pemilu Berubah, 8 Fraksi DPR Rapat Sore Ini

Politik057 views

Inionline.id – Delapan dari sembilan fraksi DPR bakal menggelar rapat pada Selasa (30/5) ini untuk merespons soal isu perubahan sistem pemilu legislatif dari semula proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

Sejumlah pimpinan fraksi membenarkan soal pertemuan tersebut. Pertemuan dijadwalkan bakal digelar di kompleks parlemen, Senayan, sekitar pukul 16.00 WIB.

Fraksi partai yang mengonfirmasi bakal hadir dalam pertemuan itu antara lain PPP, Golkar, dan PKS. Sementara beberapa fraksi lainnya belum merespons.

“Insya Allah saya hadir,” ucap Ketua Komisi II DPR dari F-Golkar Ahmad Doli Kurnia saat dihubungi.

Pada 11 Januari lalu, delapan fraksi DPR RI juga sempat menggelar pertemuan terkait perubahan sistem pemilu. Kedelapan fraksi tersebut adalah Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PPP, PAN, PKS, dan Demokrat.

Adapun MK telah menggelar sidang terakhir gugatan uji materiil sistem pemilu proporsional terbuka yang diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 pada Selasa (23/5). Majelis hakim konstitusi akan segera memutuskan gugatan tersebut.

Namun, beberapa hari lalu ahli hukum tata negara Denny Indrayana mengaku mendapatkan informasi bahwa majelis hakim konstitusi akan mengembalikan sistem proporsional tertutup. Pernyataan Denny pun memantik tanggapan dari pemerintah.

Menko Polhukam Mahfud MD bahkan meminta polisi mengusut siapa pihak yang membocorkan informasi itu kepada Denny. Ia menegaskan putusan MK tak bisa dibocorkan sebelum dibacakan hakim.