Adukan Jalan Rusak, 100 Ribu Warga Komentari Unggahan Jokowi

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Melalui akun Instagram dan Twitter @jokowi lebih dari 100 ribu warganet telah mengadukan jalan rusak ke Presiden Joko Widodo.

Aduan-aduan itu disampaikan dalam kolom komentar unggahan Jokowi. Melalui salah satu unggahannya, Jokowi memang sengaja menyediakan ruang untuk keluh kesah warga tentang jalan rusak.

“Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini,” kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Jumat (5/5).

Hingga pagi ini, sudah ada 102.048 komentar di postingan itu. Sebagian besar postingan lainnya di akun Instagram Jokowi hanya berisi ratusan komentar.

Dalam kolom komentar postingan itu, ada warga yang mengundang Jokowi berkunjung ke Jambi untuk meninjau jalan rusak. Warga itu mengaku bingung harus mengadu ke siapa karena kolom komentar di media sosial sang gubernur ditutup.

Ada pula yang mengadukan rusaknya jalanan di Kumpay dan Cimanglid di Subang. Warganet juga mengeluhkan tak ada penerangan jalan di lokasi itu.

Warganet lainnya mengadukan jalanan du Sulawesi Selatan yang menurutnya rusak parah. Ada juga laporan tentang lima ibu hamil melahirkan di jalan di Sekotong, Lombok Barat karena jalan serta jembatan rusak.

Seorang warga Fena Fafan, Kabupaten Buru Selatan juga mengeluhkan jalan rusak. Menurutnya, kondisi jalan yang tak baik menghalangi warga untuk mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Sebelumnya, Jokowi sempat berkunjung ke Lampung untuk meninjau jalan rusak. Ia merespons berbagai keluhan warga Lampung yang disampaikan via media sosial.

Jokowi menjajal jalanan rusak menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard berpelat nomor RI 1. Saking rusaknya jalan yang dilalui, Jokowi harus berganti mobil di tengah perjalanan.

Dia pun melontarkan sarkasme saat ditanya wartawan mengenai jalan rusak. Jokowi mengaku tertidur di mobil karena jalanan mulus.