6 Kuliner Hidden Gems di Pasar Prawirotaman Jogja

Inionline.id – Pasar Prawirotaman di Jogja telah menjadi tujuan kuliner yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terletak di jantung kota dengan nuansa yang khas, pasar ini menawarkan beragam pilihan kuliner yang menggugah selera.

Mulai dari warung makan tradisional hingga restoran modern, paPsar Prawirotaman memiliki segala sesuatu untuk memuaskan lidah Anda.

Rekomendasi Kuliner di Pasar Prawirotaman Jogja

Jika Anda berkesempatan jalan-jalan di Pasar Prawirotaman, jangan lupa menyempatkan mencicipi berbagai kuliner berikut.

Lupis rice cooker (Instagram @hungryfever)

1. Kue Carabikang

Jika Anda berjalan-jalan pagi hari di Pasar Prawirotaman, jangan sampai kehabisan makanan satu ini. Kue carabikang merupakan salah satu kuliner legendaris yang bisa Anda temui sejak pukul enam pagi.

Harganya yang sangat terjangkau dan rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan dan mengunjunginya kembali. Awas, kue ini bisa habis sebelum pukul 10 pagi!

2. Lupis Ketan

Di antara penjual lupis ketan di Pasar Prawirotaman, Mbah Hardi menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Pasalnya, tidak hanya lupis, Anda juga bisa mencicipi cenil yang juga akan disiram gula jawa cair.

Anda bisa menemukan Lupis Ketan Mbah Hardi di lantai tiga Pasar Prawirotaman dengan menyiapkan uang sekitar Rp5.000 saja!

3. Mi Pentil

Rekomendasi kuliner Pasar Prawirotaman selanjutnya adalah mi pentil. Olahan mi dari sari kelapa ini sendiri sebenarnya berasal dari Kabupaten Bantul.

Anda akan menemukan variasi mi pentil putih dan kuning yang sama-sama lezat. Lagi-lagi, dengan merogoh kocek kurang dari Rp5.000 saja, Anda sudah bisa mencicipi kenikmatan mi pentil.

4. Gendhar dan Geplak

Pasar Prawirotaman memang surganya jajanan pasar. Di lantai tiga, Anda bisa menemukan berbagai jajanan lainnya seperti geplak, gendhar, lanting, dan masih banyak lagi.

Tiap jajanan ini biasanya hanya dijual dengan harga Rp2.000. Oleh karenanya, tidak jarang jajan di pasar justru bisa membuat kalap!

5. Bakmi Jawa Harjo Geno

Jika tidak cukup dengan jajanan pasar di pagi hari, Anda bisa mencari santapan malam di Pasar Prawirotaman yang tidak kalah menggiurkan.

Salah satu kuliner malam di Pasar Prawirotaman adalah Bakmi Jawa Harjo Geno. Kuah bakmi yang gurih dengan suwiran ayam kampung akan membuat perut dan hati Anda bahagia.

6. The French Press (TFP) Kopi Warung

Ini adalah salah satu makanan viral di Pasar Kranggan yang belum lama ini pindah ke Pasar Prawirotaman.

The French Press (TFP) Kopi Warung menyajikan beragam makanan gaya western dengan harga yang sangat terjangkau. Walau tampilannya terlihat seperti makanan bule, cita rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Itulah beberapa kuliner hidden gems di Pasar Prawirotaman Jogja. Selamat jajan!