Xavi Salahkan Rumput Saat Barca Gagal Menang

Inionline.id – Barcelona diredam di markas Getafe. Pelatih Barca Xavi Hernandez menyoroti kondisi rumput di markas tim ibukota tersebut.

Barcelona ditahan imbang Getafe 0-0 dalam laga di Coliseum Alfonso Perez, Minggu (16/4/2023) malam WIB, dalam lanjutan LaLiga. Meski tampil dominan, Barca kesulitan untuk menciptakan banyak peluang bersih.

Kesempatan terbaik Barca bisa dibilang adalah dua peluang yang membentur gawang berturut-turut pada babak pertama. Sepakan Raphinha mengenai tiang sebelah kanan, lalu bola rebound disambar Alejandro Balde dan mengenai titik yang sama.

Barca mengancam gawang Getafe di tiga kesempatan lain, namun seperti diketahui gol tak berhasil didapatkan. Banyak kehilangan bola –Barca 10 kali melepaskan penguasaan– Robert Lewandowski dkk disebut kesulitan karena kondisi rumput yang tak ideal.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez menilai rumput markas Getafe terlalu tebal, sehingga bola sulit bergulir. Situasi ini membuatnya mau tak mau mensyukuri satu poin.

“Kondisi rumputnya merugikan kami. Kemarin kami berlatih dengan lapangan kering. Saya sudah banyak dikritik karena komplain soal lapangan,” cetusnya.

“Semua orang melihatnya hari ini. Sangat sulit bermain dalam kondisi itu, ini buruk untuk ditonton. Bolanya nyangkut-nyangkut, kondisinya bahkan sulit buat Getafe sendiri. Penting bahwa rumput berada dalam kondisi bagus.”

“Ini bukan alasan ya dan kami harus memulihkan sensasi kami. Kami mengambil satu poin yang tak buruk sama sekali karena betapa tidak nyamannya kami hari ini,” imbuh mantan gelandang itu dikutip Sport.

Hasil imbang ini tak mengubah posisi Barcelona di papan klasemen Liga Spanyol. Blaugrana masih memimpin, namun keunggulannya terpangkas jadi hanya 11 poin atas Real Madrid di posisi dua.