Unhas akan Membuka Prodi Metalurgi dan Material

Pendidikan657 views

Inionline.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bakal membuka program studi (prodi) Metalurgi dan Material. Pembukaan prodi telah disetujui dalam rapat paripurna terbatas yang diselenggarakan Majelis Wali Amanat (MWA).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaa Ruslin mengatakan prodi ini sudah sangat dinantikan oleh mitra strategis Unhas. Dia menyebut pimpinan Unhas sejak awal mennginstruksikan agar prodi ini bisa segera dibentuk.

Rektor Unhas Jamaluddin Jompa mengucapkan terima kasih atas komitmen Fakultas Teknik Unhas menghadirkan program studi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Dia menyebut usulan pembukaan prodi telah melalui proses dan tahapan panjang, mulai dari tingkat fakultas hingga persetujuan MWA.

“FT Unhas terus melakukan upaya pengembangan untuk menghadirkan prodi yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat termasuk prodi ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, ini juga merupakan amanah yang diberikan oleh kementerian,” ujar Jamaluddin dikutip dari laman unhas.ac.id, Senin, 10 April 2023.

Dia menuturkan sumber daya industri tambang termasuk nikel banyak terdapat di Indonesia bagian timur. Unhas sebagai salah satu kampus terbesar khususnya di Timur Indonesia mempunyai tanggung jawab dan kesempatan besar mendorong pengelolaan pertambangan nikel untuk kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sains dan teknologi mutakhir.

Jamaluddin mengatakan Unhas secara berkelanjutan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk pengembangan Indonesia. Sebagai salah satu negara produsen nikel terbesar yang sebagian besar terletak di timur Indonesia, Unhas mempunyai tanggung jawab moral mengambil peran dengan mempersiapkan sejak awal sumber daya manusia berkualitas.

Dia menyebut perkembangan industri manufaktur Indonesia semakin tinggi baik yang berbasis logam maupun nonlogam yang kemudian didukung dengan ilmu dan teknologi yang semakin maju dalam berbagai bidang. Kehadiran program studi Metalurgi dan Material diharapkan akan mendorong peningkatan sumber daya manusia berkualitas.

Pembukaan Prodi Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Unhas disetujui setelah mendengarkan saran dan masukan serta pendapat dari seluruh peserta.