Suhu Panas di Thailand Bisa Mencapai 43 Derajat Celsius

Internasional057 views

Inionline.id – Thailand diterjang gelombang panas, sampai-sampai suhu di sejumlah wilayah hingga hari ini, Minggu (23/4), diperkirakan bisa mencapai 43 derajat Celsius.

Departemen Meteorologi Thailand memperkirakan suhu dalam 24 jam sejak Sabtu dapat mencapai 43 derajat Celsius di kawasan utara negara itu.

Sementara itu, suhu di Ibu Kota Thailand, Bangkok, juga bisa mencapai 40 derajat Celsius.

Di Phuket, indeks panas diprediksi bisa mencapai 54 derajat Celsius. Indeks panas tak mengindikasikan suhu sebenarnya, tapi warga bisa merasakan panas seperti 54 derajat Celsius jika ditambah dengan kelembaban udara.

Departemen itu pun mengimbau warga untuk tetap waspada akan suhu tinggi hingga setidaknya pekan depan. Mereka juga mengimbau warga agar tak keluar rumah jika tidak mendesak.

Suhu tertinggi pada Sabtu sendiri tercatat di Provinsi Phetchabun yang mencapai 42,5 derajat Celsius.

Sejumlah warga di Thailand mengeluhkan cuaca panas tersebut.

“Bahkan setelah saya menyalakan AC hingga 20 derajat pun, saya masih berkeringat,” ujar seorang warga bernama Supichaya Jittaleela kepada Associated Press.

Meski cuaca begitu panas, Supichaya tetap mengikuti kampanye politik di luar ruangan. Secara keseluruhan, sekitar 2.000 warga di Bangkok memang masih mengikuti kampanye untuk pemilu bulan depan.

Meski gedung-gedung pencakar langit menghalangi cahaya, banyak warga masih tak bisa menahan sengatan matahari.

“Sangat sangat lebih panas. Itulah alasan saya terus membawa kipas,” ucap warga lainnya, Rungtip Sangvittayothai.