Selama Musim Mudik Lebaran Lalu Lintas Penerbangan Naik 20 Persen

Ekonomi157 views

Inionline.id – Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyebut lalu lintas penerbangan pada Lebaran 2023 kemarin naik 20 persen dibanding 2022.

Kenaikan disimpulkan dari total pelayanan penerbangan sebanyak 43.234  yang dilakukan AirNav serta penambahan jumlah extra flight sebanyak 2.509 penerbangan.

“Jumlah saat ini yang dihimpun Tim AirNav sejak H-9 hingga hari H lebaran apabila dibandingkan dengan tahun 2022 telah naik sebesar 20 persen,” kata Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti dalam keterangan resmi yang dikeluarkan di Jakarta, Selasa (25/4) kemarin.

Ia menambahkan data tersebut merupakan total trafik yang dipantau melalui 51 Posko Layanan Terpadu di Kantor Cabang AirNav Indonesia. Polana mengatakan untuk memperlancar penerbangan selama periode libur Lebaran kali ini, AirNav Indonesia telah menyiapkan dukungan pelayanan navigasi penerbangan, diantaranya; kesiapan prosedur dan personel, fasilitas navigasi penerbangan, prosedur penanganan penambahan kapasitas bandara, prosedur darurat (volcanic ash), aplikasi digital informasi cuaca (nav earth).

Pihaknya juga telah memberikan dukungan prosedur penanganan gangguan balon udara.

“Tentunya kami telah menyiapkan beberapa skenario untuk mendukung periode libur lebaran kali ini, termasuk gangguan gangguan yang tak terduga seperti letusan gunung berapi, dan gangguan balon udara liar di rute tersibuk seperti Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Kami telah bersinergi dengan maskapai melalui Laporan Pilot (PIREP), Pemerintah Daerah hingga Kepolisian setempat. Saat ini AirNav Indonesia tengah menyiapkan pelayanan navigasi untuk arus balik libur lebaran,” katanya.

Ia memperkirakan penerbangan terus meningkat. Hal ini seiring perkirakan puncak arus balik yang akan terjadi pada 29 – 30 April 2023.

“Pergerakan arus balik sudah mulai terjadi sejak H+1 yaitu 24 April 2023. Pada tanggal itu, jumlah arus balik yang dilayani oleh AirNav Indonesia sebanyak 3.099 penerbangan atau naik 6 persen,” katanya.