Sebanyak 3.017 Mahasiswa Asal Papua Terima Beasiswa ADIK

Pendidikan257 views

Inionline.id – Sebanyak 3.017 mahasiswa Papua termasuk yang berasal dari tiga daerah otonomi baru (DOB) menerima beasiswa melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK). Untuk tahun 2023 orang, baru akan dilakukan penjaringan pertengahan April 2023.

Beasiswa ADik adalah program pemberian bantuan pembiayaan di pendidikan tinggi khusus untuk siswa dan siswi dari Papua, Papua Barat, 3 T, serta anak-anak TKI. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk siswa dan siswi penyandang disabilitas.

Kabid Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Papua Laurens Wantik mengatakan, ribuan mahasiswa asal Papua penerima beasiswa ADIK itu tersebar di 97 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Mahasiswa penerima beasiswa ADIK asal Papua saat ini menuntut ilmu di berbagai kota pendidikan di antaranya di Lokseumawe, Bandung, Surabaya, Bogor, Bali, Jakarta, Kupang, Ambon, Makassar dan Manado.  Setiap tahun Papua mendapat kuota sekitar 400 orang namun untuk tahun 2022 lalu yang lolos sebanyak 315 orang.

“Program ADIK ditujukan untuk pelajar asli Papua yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” kata Wantik.

Selama melanjutkan perkuliahan, mereka diberikan asuransi kesehatan selama kuliah sebesar Rp 10 juta, biaya pendidikan dan bulanan masing-masing sebesar Rp 1,5 juta. Bidang studi yang paling banyak diminati adalah sosial politik, ekonomi dan sains yang di dalamnya meliputi kedokteran dan teknik, kata  Laorens Wantik.