Presiden Jokowi Klaim Pemerintah Sudah Antisipasi Tragedi ‘Brexit’ Tak Terulang

Nasional657 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pemerintah sudah menyiapkan sejumlah skema mudik Lebaran demi mengantisipasi kasus kematian pemudik seperti yang pernah terjadi di pintu keluar tol Brebes atau dikenal sebagai ‘Brexit’ pada 2016. Menurutnya, perencanaan skema mudik Lebaran saat ini sudah lebih baik.

“Nanti akan disiapkan SAR-nya, semuanya. Ini saya kira, saya melihat desain perencanaannya lebih baik. Jangan mengandai-andai, semuanya sudah diantisipasi,” kata Jokowi saat ditanya wartawan soal tragedi ‘Brexit usai kunjungan di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4).

Jokowi mengatakan pemerintah telah menghitung kapasitas transportasi umum yang disesuaikan dengan jumlah pemudik saat momen Lebaran 2023. Ia pun mewanti-wanti masyarakat tetap waspada lantaran jumlah pemudik tahun ini diprediksi mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

Jokowi juga memastikan Polri akan menerjunkan aparat keamanan di sepanjang titik mudik yang dinilai sebagai wilayah rawan kejahatan. Selain itu, kata dia, pemerintah telah menambah sejumlah titik peristirahatan agar tidak terjadi penumpukan di jalan tol.

“Saya ingatkan semuanya yang ingin mudik, hati-hati, ada lompatan yang besar jumlah masyarakat yang mudik. Dari 86 juta, dari survei ini ke 123 juta, artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung dan dikalkulasi,” ujarnya.

Jokowi sebelumnya telah memerintahkan seluruh anak buahnya mengantisipasi gelombang pemudik pada arus mudik libur Lebaran Idulfitri 2023.

Ia mengatakan akan ada lonjakan jumlah pemudik tahun ini. Tiga provinsi akan menjadi tujuan utama pemudik, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.