Pesan Presiden Jokowi di HUT TNI AU Ke-77: Harus Modern dan Tangguh Jaga Ruang Udara RI

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) TNI Angkatan Udara (AU) ke-77 disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi berharap TNI AU bisa modern dan tangguh menjaga ruang udara.

Jokowi memberikan ucapan selamat dalam tayangan video. Video tersebut kemudian disiarkan saat Upacara HUT TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, yang dipimpin Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

“Atas nama pemerintah, bangsa, dan negara, saya mengucapkan selamat hari TNI Angkatan Udara yang ke-77 kepada seluruh prajurit TNI AU di mana pun bertugas di seluruh penjuru Tanah Air,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Di usia ke-77 ini TNI Angkatan Udara harus menjadi Angkatan Udara yang modern dan tangguh mampu menjaga ruang udara Indonesia serta bertransformasi sebagai kekuatan nasional di udara yang disegani dan dihormati di dunia. Dirgahayu TNI AU Swa Bhuwana Paksa,” tutup Jokowi.

Seperti diketahui, dalam rangkaian HUT TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, akan ada demonstrasi udara. Demonstrasi udara dilakukan anggota gabungan.

Demonstrasi udara gabungan terdiri dari beberapa alutsista yang dimiliki oleh TNI AU, di antaranya Pesawat Sukhoi 27/30, F-16 Fighting Falcon, T-50 i Golden Eagle, EMB 314- Super Tucano, EC-725 Caracal, NAS 332 Super puma, EC-120 B Colibri, KT-1B Wongbee, C-130 HERCULES, CN 235 DAN 295, BOEING 737, Falcon 7x dan 8x, C-212 CASSA DAN CESSNA 172.

Demonstrasi udara yang dilaksanakan melambangkan kekuatan TNI AU di dalam menjaga langit dirgantara Indonesia. Tujuannya juga menunjukkan TNI AU menjadi angkatan perang yang disegani di kawasan.