Misteri Dibalik Lahirnya Cekungan Sudbury

Iptek1057 views

Inionline.id – Sudbury Basin atau cekungan Sudbury adalah salah satu kawah tumbukan meteor terbesar di Bumi, namun ilmuwan masih tidak yakin bagaimana tanda alam itu lahir.

Cekungan Sudbury berada di Ontario, Kanada, dengan panjang 39 mil, lebar 19 mil, dan kedalaman 9,3 mil. Sebelumnya para peneliti masih belum yakin bagaimana kawah sedalam itu bisa sampai ke Bumi, namun kini mereka mengatakan bahwa cekungan Sudbury disebabkan oleh serangan komet lebih dari 1,8 miliar tahun yang lalu.

Penelitian kolaboratif yang dipimpin oleh ahli geologi di Trinity College Dublin telah menemukan bukti kuat bahwa salah satu struktur dampak terbesar yang diawetkan di Bumi disebabkan oleh komet yang bertabrakan dengan planet kita lebih dari 1,8 miliar tahun yang lalu.

Melalui studi yang baru-baru ini diterbitkan melalui jurnal internasional Terra Nova, Trinity menjelaskan alasan di balik studi mereka yang menyatakan bahwa kawah Sudbury di Ontario, Kanada, disebabkan oleh komet, bukan meteorit.

Komet tersusun dari debu dan gas beku serta membawa beberapa unsur berat, sedangkan meteorit adalah batuan padat yang mengirimkan unsur besi, seperti platinum, ke Bumi.

Ahli geologi menunjukkan bahwa benda apa pun yang jatuh ke Bumi, hampir sepenuhnya akan menguap saat masuk. Hanya meteorit dengan ukuran yang cukup besar yang mampu membuat kawah sebesar cekungan Sudbury. Dengan itu para ilmuwan yakin bahwa sejauh ini, komet adalah pelaku paling mungkin atas terbentuknya kawah tumbukan Sudbury.

Profesor Geologi dari Sekolah Ilmu Pengetahuan Alam di Trinity, Balz Kamber, mengatakan “Temuan kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa beberapa cekungan tumbukan terestrial yang sangat besar diciptakan oleh komet,” kata dia dilansir dariĀ DailyMail, Senin (24/4).

Kini daerah Sudbury telah menjadi salah satu komunitas pertambangan utama dunia. Hal ini terjadi karena cekungan besar Sudbury menyimpan magma yang mengandung nikel, tembaga, platinum, paladium, emas, dan logam lainnya. Cekungan Sudbury menjadi salah satu pemasok bijih nikel dan tembaga terbesar di dunia, dan semuanya ditemukan di tepi luar cekungan.