Kini Keyboard Khas BlackBerry Bisa Dipakai di HP Android atau iPhone

Iptek12057 views

Inionline.id – Sebelum era iPhone dan Android melejit seperti sekarang, BlackBerry pernah berada di posisi itu lebih dulu. Sekitar 10 tahun yang lalu, ponsel BlackBerry ada di mana-mana mulai dari eksekutif perusahaan hingga kalangan pelajar memakainya. Kini eksistensi ponsel itu seolah terkubur, namun barang-barang peninggalan BlackBerry masih tersimpan manis di beberapa tempat.

Orang-orang di komunitas Solder Party di Swedia berhasil mendapatkan setumpuk keyboard dari BlackBerry Q20 yang pada akhirnya dipasangkan Raspberry Pi RP2040 untuk memungkinkannya mendeteksi dan menerjemahkan penekanan tombol agar kembali dapat digunakan.

Dilansir dariĀ Gizmodo, Senin (3/4) Solder Party juga memberi BB Q20 port USB-C standar dan dukungan USB HID (perangkat antarmuka manusia) asli, yang berarti dapat menghubungkannya ke PC Mac, Windows, atau Linux, atau bahkan perangkat seluler Apple dan Android, dan menggunakannya sebagai keyboard QWERTY standar.

Touchpad kecil BB Q20 bahkan akan bekerja seperti mouse komputer standar, lengkap dengan klik tombol kiri dan kanan mouse, dan menggeser jari Anda melintasi pad sambil memegang tombol ALT akan membuatnya berfungsi seperti tombol kursor.

Jika anda tertarik mencobanya, keyboard daur ulang ini dapat dibeli di toko Tindie Solder Party seharga USD30 atau sekitar Rp.450.000. Bagaimana, tertarik?