Kapolri Klaim Waktu Tempuh Arus Mudik Idul Fitri 2023 Turun Hingga 30 Menit

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Diklaim oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa waktu tempuh arus mudik lebaran atau hari raya Idulfitri 2023 mengalami penurunan sekitar 18 hingga 30 menit.

Sigit menjelaskan berdasarkan laporan yang diterima, waktu tempuh kendaraan mudik pada tahun ini rata-rata 6 jam 47 menit. Sedangkan pada 2022 lalu, waktu tempuh kendaraan mencapai 7 jam lebih.

“Terjadi penurunan waktu tempuh dibanding tahun 2022. Saat ini di hari H-3 waktu tempuh rata-rata 6 jam 47 menit. Ini mengalami perubahan waktu tempuh lebih singkat dimana tahun 2022 H-3 7 jam lebih,” kata Sigit saat meninjau arus balik di KM 72 Tol Cikampek, Selasa, (25/4).

Sigit mengatakan perhitungan waktu tempuh tersebut diambil dari data arus mudik pada H-3 lebaran. Ia berujar ada selisih sekitar 18 hingga 30 menit waktu tempuh kendaraan yang melakukan mudik.

Menurutnya, penurunan waktu tempuh tersebut menjadi kabar baik. Sigit menuturkan hasil itu akan menjadi evaluasi untuk menghadapi arus mudik pada tahun-tahun selanjutnya.

“Di situasi puncak arus mudik meningkat dengan pengurangan waktu tempuh yang ada ini kabar baik kita semua. Ini menjadi evaluasi untuk perbaikan di tahun yang akan datang,” ujarnya.