Ini 4 UKM Kampus yang Bisa Bantu Kamu Dapat Pengalaman Internasional

Pendidikan657 views

Inionline.id – Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disebut dengan UKM memiliki berbagai bidang berbeda-beda. Kampus satu dan yang lain juga memiliki UKM berbeda-beda.

Tidak hanya sekadar untuk menyalurkan hobi ataupun bakat, UKM ternyata dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman yang bisa membawa mereka go internasional, lho. Apa saja UKM tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini dikutip dari laman Instagram @kobieducation:

1. AIESEC

AIESEC merupakan wadah bagi anak muda dalam mengembangkan kepemimpinan melalui kesempatan volunteering dan internship ke banyak negara. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bakal dapat pengalaman internasional dengan menjadi volunteer atau intern di berbagai NGO, perusahaan, atau organisasi di seluruh dunia. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat program untuk menjadi host di berbagai volunteer dari beberapa negara.

2. English Debating Society

Banyak kampus memiliki klub debat bahasa Inggris. Setelah mengikuti pelatihan dan persiapan internasional klub, biasanya mahasiswa yang menjadi bagian dalam UKM ini dapat ikut kompetisi debat bahasa Inggris yang diselenggarakan di banyak negara.

3. Model United Nation Club

Bagi kamu yang diajarkan trik dan strategi public speaking advokasi dan negosiasi bilateral serta multilateral layaknya pada rapat umum UN. Setelah itu, biasanya mahasiswa yang menjadi bagian dari UKM tersebut dikirim mengikuti Model United Nation di berbagai negara.

4. Paduan Suara

Terdapat banyak perlombaan yang sering diikuti kampus dalam negeri. Seperti paduan suara Universitas Padjajaran yang bernama tim Indonesia Kirana memenangkan The 267th International Choral Competition di Italia pada 2019.

Nah, itulah keempat UKM yang bisa diikuti Sobat Medcom. Apakah kamu tertarik mencoba salah satu dari keempat UKM di atas? (Vania Liu Trixie)