Ilmuwan Baru Tahu Jika Inti Bumi Dikelilingi Struktur Kuno Setelah Ratusan Tahun

Inionline.id – Para ilmuwan percaya bahwa wujud inti Bumi adalah sebuah bola besi besar. Namun, penemuan baru berhasil menunjukkan bahwa inti Bumi dikelilingi oleh struktur kuno yang tak terduga.

Menurut sebuah studi baru, yang diterbitkan di Science Advances, peta resolusi tinggi dari geologi yang mendasari belahan Bumi selatan berhasil mengungkap temuan ini. Studi ini mengklaim bahwa struktur kuno yang diyakini para ilmuwan sebagai dasar laut telah mengelilingi inti planet ini.

Penemuan tak terduga ini dapat menjelaskan lebih banyak mengenai Bumi, sesuatu yang para ilmuwan telah gali dan coba pahami selama ratusan tahun lamanya. Para peneliti yang terlibat dalam penelitian ini menggunakan 15 stasiun pemantauan berbeda yang terkubur di es Antartika untuk memicu pemetaan.

Stasiun pemantauan ini mendeteksi gelombang seismik saat mereka melakukan perjalanan melalui tanah. Dengan mempelajari bagaimana gelombang seismik itu bergerak melalui inti bumi, dapat mendeteksi struktur dan komposisi benda apa saja yang berada di bawah Bumi.

Dilansir dariĀ BGR, Minggu (16/4), data yang dikumpulkan oleh stasiun pemantauan ini menunjukkan bahwa struktur kuno yang mengelilingi inti Bumi memiliki lembah dan gunung, karena ketebalan material yang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Para ilmuwan percaya struktur itu mungkin sisa-sisa dasar laut kuno yang terletak di bawah permukaan Bumi.

Tentu saja, para ilmuwan mengatakan sulit untuk membuat asumsi tentang batuan dan bahan yang ditemukan jika hanya melalui pemantauan gelombang seismik. Tapi, untuk saat ini, tanda-tanda yang mereka temukan menunjuk ke arah sisa-sisa struktur kuno, yang mungkin dasar laut, mengelilingi inti Bumi.