Dosen Vokasi Unair Membagikan Tips Manajemen Waktu di Bulan Puasa

Pendidikan557 views

Inionline.id – Perubahan jam makan di bulan Ramadan berdampak pada kegiatan sehari-hari, seperti bekerja dan tidur. Nah, perubahan ini mesti disiasati dengan baik agar tidak menurunkan produktivitas kerja serta kecukupan istirahat.

Dosen Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair), Rizky Amalia Sinulingga, membagikan tips manajemen waktu selama puasa. Hal itu agar istirahat dan bekerja tidak terganggu akibat perubahan jam makan puasa dan sahur.

“Bila berbicara soal efektivitas waktu, tentunya perlu memperhatikan waktu tidur, rutinitas harian, kerja, dan juga waktu bangun untuk makan sahur dan buka puasa,” ujar Kiki dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 17 April 2023.

Dia menyarankan mereduksi kebiasaan-kebiasaan buruk di malam hari agar mendapat waktu cukup istirahat dan bangun tepat waktu untuk sahur.

“Misalnya, saya sering lembur hingga malam. Namun pada saat puasa, kebiasaan itu harus berhenti agar jangan sampai terlambat sahur,” tutur dia.

Dosen program studi D4 Manajemen Perkantoran Digital FV itu menuturkan pengendalian diri merupakan hal yang tak dapat dikesampingkan dalam manajemen waktu.

“Mahasiswa misal, karena takut sahur enggak bangun akhirnya tidak tidur hingga sahur. Itu kan, menyebabkan kurang tidur dan berakibat pada pagi hari yang mengantuk dan tidak produktif,” tutur dia.

Dia menyebut perlu memikirkan kesadaran diri atas waktu dan tanggung jawab dalam manajemen waktu. Kiki menyarankan tiap-tiap orang dapat mengatur prioritas kesibukan dan pekerjaan dalam bulan puasa agar pekerjaan tidak mengganggu puasa dan sebaliknya.

Kiki juga menyarankan membuat to do list untuk meningkatkan efisiensi waktu. Kalian bisa menjalankan rutinitas atau pekerjaan dengan membuat to do list dengan mungkin pertimbangan durasi waktu atau deadline.

“Sehingga, walaupun kita berpuasa kita tetap dapat bertanggung jawab dengan segala pekerjaan dan kegiatan yang kita lakukan,” sebut dia.