Derby Manchester Pertama di Final Piala FA

Inionline.id – Selalu ada yang pertama untuk segalanya. Termasuk Derby Manchester yang akan pentas di final Piala FA 2022/2023, Manchester City vs Manchester United.

Kedua tim Manchester itu jadi finalis Piala FA setelah mengalahkan lawan-lawannya sedari babak ketiga hingga semifinal. City lebih dulu memastikan tiket final pada semifinal di Wembley, Sabtu (22/4/2023) malam WIB.

The Citizens mengalahkan tim Championship Sheffield United dengan skor 3-0 lewat hat-trick Riyad Mahrez. Langkah City itu diikuti oleh MU saat menghadapi Brighton & Hove Albion, Minggu (23/4/2023) malam WIB.

Meski demikian, perjuangan MU lebih berat karena harus menghadapi perlawanan ketat Brighton. Sepanjang 120 menit, MU mendapat tekanan dari Brighton yang lebih dominan.

Ketika laga harus dituntaskan lewat adu penalti, MU menunjukkan mental tim besar dengan mengalahkan Brighton lewat skor 7-6, Kegagalan penalti Soley March dituntaskan oleh Victor Lindelof.

Kelolosan MU ke final Piala FA berarti menciptakan duel Derby Manchester di Wembley 3 Juni. Dikutip Opta, ini jadi kali pertama duel City vs MU di partai puncak kompetisi tersebut.

Bagi MU, ini adalah final Piala FA ke-21 yang membuat mereka menyamai rekor Arsenal sebagai tim paling sering jadi finalis. MU juga untuk ketiga kalinya mampu lolos ke dua final piala domestik, FA dan Piala Liga Inggris, setelah 1982/1983 dan 1993/1994.

City dan MU saling mengalahkan di kandang masing-masing musim ini. City lebih dulu menang 6-3 pada Oktober 2022, sebelum MU membalasnya dengan skor 2-1 bulan Januari.