Berikut ini Cara Gampang Menemukan dan Menghapus Perangkat Pengintai di HP Android

Iptek557 views

Inionline.id – Ada berbagai cara untuk mencegah orang lain memantau aktivitas kehidupan digital kita, misalnya dengan menggunakan VPN atau browser yang tidak melacak aktivitas pengguna. Namun, sangat sulit untuk mengetahui apakah perangkat kita telah menginstal spyware (perangkat pengintai) atau belum, dan bagaimana cara menghapusnya.

Spyware adalah perangkat lunak yang diinstal secara tidak resmi di ponsel atau komputer tanpa sepengetahuan atau izin penggunanya, dan berfungsi untuk mengumpulkan informasi pribadi atau data sensitif secara diam-diam.

Spyware dapat mendarat di perangkat anda melalui phishing, lampiran email berbahaya, tautan media sosial, atau pesan SMS palsu. Lalu bagaimana caranya kita tahu bahwa perangkat kita sedang dipantau?

Tidak semua spyware berada secara tersembunyi di ponsel canggih kita. Bagi para pengguna Android, ada cara yang dapat dilakukan untuk melihat apakah kita sedang dipantau atau tidak.

Android memungkinkan aplikasi diunduh dan diinstal di luar Google Play Store resmi. Jika ini dilakukan, besar kemungkinan perangkat akan mengalami jailbreaking tanpa persetujuan.

Jailbreaking merupakan istilah modifikasi terhadap sistem operasi perangkat. Dimana, ponsel yang telah melakukan hal ini akan merasakan kebebasan dalam menggunakan sistem operasi yang tadinya bersifat terbatas. Namun, tidak semua spyware atau penguntit hanya muncul di perangkat yang mengalami Jailbreak saja.

Untuk memastikan apakah Android anda sedang dipantau atau tidak, anda bisa segera mengeceknya di pengaturan ponsel anda dengan cara berikut.

Pengaturan > Keamanan > Izinkan sumber yang tidak dikenal.

Anda juga dapat memeriksa dengan cara berikut:

Aplikasi > Menu > Akses Khusus > Instal aplikasi yang tidak dikenal, untuk melihat apakah ada aplikasi yang tidak anda kenali, tetapi tidak ada jaminan bahwa spyware akan muncul di daftar aplikasi tersebut.

Beberapa bentuk spyware juga akan menggunakan nama dan ikon umum untuk menyamar. Sebagai contoh, mereka mungkin tampak sebagai aplikasi seperti kalender atau kalkulator. Jika ada aplikasi yang muncul di daftar aplikasi yang tidak Anda kenal, segeralah cari tau apa aplikasi itu resmi atau tidak.

Penginstalan aplikasi bodong atau melakukan Jailbreak pada perangkat anda memungkinkan akses besar bagi spyware. Kehadiran spyware cukup berbahaya, bahkan bisa meretas saldo bank anda. Jika ada tagihan pembayaran yang mencurigakan atau tanda-tanda lainnya. Segeralah periksa ponsel anda dan hapus semua akses masuk spyware agar anda tidak rugi di kemudian hari.