900 Pelajar di Papua Dapat ‘Beasiswa Adem’

Pendidikan557 views

Inionline.id – Sebanyak 900 pelajar di Tanah Papua mendapat beasiswa melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) untuk Provinsi Papua termasuk tiga daerah otonomi baru (DOB).

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus DPPAD Papua Laurens Wantik menjelaskan, penerima Beasiswa Adem adalah program penerima beasiswa yang dikhususkan untuk orang asli Papua.  Penerima beasiswa Adem disebar di 150 sekolah menengah atas dan kejuruan di enam provinsi yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

Saat ini pelajar penerima Adem asal empat provinsi di Tanah Papua sedang menuntut ilmu di SMA dan SMK yang tersebar di Jawa Barat 91 siswa, Banten 74 orang, Yogyakarta 38 orang, Jawa Tengah 76 orang, Bali 55 orang, dan Jawa Timur 156 pelajar.

“Para pelajar selama pendidikan diberi asuransi kesehatan sebesar Rp10 juta dan SPP serta uang bulanan Rp1,5 juta per bulan,” jelas Wantik, Kamis, 27 April 2023.

Ditambahkan, untuk tahun 2023, beasiswa Adem yang disiapkan untuk Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan sebanyak 350 orang.  Rekrutmen sudah mulai dilakukan dan setelah dinyatakan lulus SMP mereka akan dikirim ke sekolah penerima.

“Pemberian beasiswa Adem bertujuan memberikan pendidikan menengah yang berkualitas sehingga diharapkan terjadi percepatan pembangunan sumber daya manusia di Papua,” kata Laurens Wantik.