Crash dengan Oliveira di MotoGP Portugal, Marquez Berikan Penjelasan

Ini0nline.id – Marc Marquez mengakui kesalahannya hingga menabrak Miguel Oliveira di MotoGP Portugal. Ia menjelaskan bagaimana kehilangan kendali atas motornya.

Marc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden di MotoGP Portugal, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Pada tikungan ketiga saat lap ketiga, rider Repsol Honda itu kehilangan kendali RC213V miliknya hingga menabrak Oliveira (RNF).

Keduanya pun tak bisa melanjutkan balapan. Atas kejadian itu Marquez dihukum dobel penalti long lap di MotoGP Argentina mendatang, sementara Oliveira dalam kondisi hanya memar dan tak ada cedera buruk.

Tapi Marquez sendiri mengalami cedera pada tangannya, yang didapatkan setelah menyenggol Jorge Martin (Prima Pramac) tepat sebelum menabrak Oliveira. Pebalap 30 tahun tersebut diduga mengalami retak tangan, yang mengancam kansnya tampil di Argentina.

“Sejujurnya, saya enggak memikirkan soal Argentina. Hari ini yang terpenting adalah Miguel baik-baik saja,” kata Marquez dikutip Crash.

“Sebab saya melakukan kesalahan besar di tikungan, di bagian awal, dan ini memicu semuanya. Saya mengerem dan ban depan mengunci. Itu berarti saya melepas remnya. Niat saya mengarahkan motor ke kiri, tapi motornya tetap rebah dan saya tak terhindar dari mengarah ke sisi kanan.”

“Saya bisa mengindari Martin, tapi tak bisa menghindari Miguel. Saya sangat khawatir dengannya karena kontaknya keras.”

“Saya sudah mengatakannya secara langsung, tapi saya ingin mengatakan maaf lagi untuknya, untuk timnya, untuk para fans Portugal. Saya sudah dihukum atas kesalahan itu dengan dobel penalti long lap, yang saya sepenuhnya setuju,” imbuh pebalap asal Catalunya itu.