Rainbow Slide Terpanjang Ada di Kebumen

Inionline.id – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi melaunching wisata baru Pitris Ocean View di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Selasa 31 Januari 2023.

Bupati kagum dengan keindahan alam di pesisir selatan Kebumen. Terlebih di Karangduwur, desa ini bukan hanya dikenal dengan Pantai Mengantinya, namun warga sekitar mampu memanfaatkan lahan perhutani dengan membuat wisata baru, yakni Pitris Ocean View dengan Rainbow Slide terpanjang di Indonesia.

“Bagus sekali ya, berseluncur dari atas gunung dengan pemandangan laut selatan,” ujar Bupati.

Bupati mengapresiasi kepada masyarakat di Karangduwur, bersama pemerintah desa yang terus berinovasi dengan membuat wahana-wahana baru. Dengan begitu, Kebumen semakin dikenal, semakin diminati oleh wisatawan, perekonomian masyarakat pun semakin hidup.

“Memang wisata di Kebumen ini perlu ada pengembangan, bukan hanya yang dikelola oleh pemerintah desa, tapi juga pemerintah daerah. Bila perlu dijalin kerjasama, kita juga membuka ruang agar Bumdes ikut mengelola pariwisata daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Yaman Effendi selaku Wakil Ketua Kelompok Mitra Pitris menambahkan, Rainbow Slide yang ada di Pitris memiliki panjang kurang lebih 120 meter. Ini merupakan yang pertama di Kebumen, dan terpanjang di Indonesia.

“Alhamdulillah kita bersyukur grand launching dihadiri langsung oleh Pak Bupati berbarengan dengan acara Mubeng Kebumen. Harapannya, wisata ini bisa terus berkembang maju,” ucapnya.

Pihaknya sudah mengusulkan kepada Bupati agar menambah daya listrik di area wisata ini. Pasalnya, saat ini kekuatan daya listriknya belum memadai. “Aliran listrik yang ke Pitris ini belum maksimal, voltasenya sekitar 160, nggak sampai 200, jadi saya mohon kepada Pak Bupati untuk mensuplai kebutuhan listrik di Pitris dengan membangun togor dan travo lagi,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya juga meminta penambahan dua jalur dari Pitris sampai jalan raya Suwuk-Logending, dan perbaikan di jalan tersebut.

“Tadi Pak Bupati sudah menyampaikan, telah mengusulkan perbaikan jalan dari Suwuk-Logending ke Kementerian PUPR. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ucapnya.

Bagi yang ingin datang ke wisata ini,  pengunjung cukup dikenakan tarif tiket masuk per orang Rp10 ribu sudah termasuk free parkir dan mobil shuttle yang siap antar jemput pengunjung ke beberapa titik lokasi, karena di Pitris Ocean View terdapat juga kolam renang, resto dan spot-spot foto yang Instagramable.

Adapun untuk mencoba wahana Rainbow Slide, maka pengunjung cukup membayar Rp20 ribu saja. Di sana terdapat juga villa penginapan dengan standar hotel bintang tiga, ada juga tempat camping ground dengan tenda yang sudah disiapkan.