Kemenkes: Mulai Hari Ini PeduliLindungi Berubah Menjadi SATUSEHAT

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Mulai hari ini Kementerian Kesehatan menyebut aplikasi PeduliLindungi akan bertransformasi otomatis secara bertahap menjadi aplikasi SATUSEHAT, Selasa (28/2).

Chief of Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji mengatakan masyarakat tidak perlu menghapus atau mengunduh aplikasi baru melainkan hanya cukup melakukan pembaruan aplikasi.

“Mulai hari ini. Tidak perlu download baru, akan ada pesan untuk update versi terbaru,” kata Setiaji, Selasa (28/2).

Pada Selasa (28/2) Pukul 08.30 WIB, aplikasi PeduliLindungi yang telah diperbarui di smartphone tidak otomatis berganti nama menjadi SATUSEHAT.

Namun, terdapat sejumlah fitur baru seperti ‘Pengingat Minum Obat’ dan ‘Vaksin dan Imunisasi’ yang memiliki fitur cek sertifikat vaksin Covid-19 hingga akses riwayat imunisasi rutin anak.

“Nah itu belum, masih versi lama. Bertahap untuk update ke usernya,” ujar Setiaji.

Terpisah, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan aplikasi SATUSEHAT diproyeksikan untuk mempersingkat pelaporan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari yang semula melalui 400 aplikasi menjadi delapan aplikasi.

“Dengan SATUSEHAT itu cuma jadi delapan pelaporan. Jadi di Puskesmas yang tadinya bikin laporan mengisi aplikasi segala macam itu semuanya ada 400 aplikasi, nanti dengan SATUSEHAT itu akan menjadi delapan aplikasi,” kata Dante dikutip dari situs resmi Kemenkes.

Dante mengatakan SATUSEHAT merupakan salah satu cara Kemenkes mengintegrasikan data rekam medis pasien di fasilitas kesehatan ke dalam satu platform Indonesia Health Services. Platform ini merupakan perwujudan dari pilar ke enam transformasi sistem kesehatan yaitu pilar transformasi teknologi kesehatan.