Tips Mudah Mengatasi HP Android Mulai Ngehang

Iptek2457 views

Inionline.id – Hampir setiap pengguna HP Android, cepat atau lambat menghadapi masalah saat perangkat mulai nge-hang. Menurut GizChina, Kamis (26/1), smartphone Android model begini, kerap ditemui di perangkat yang murah.

Meski begitu, tak perlu khawatir. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk ‘pertolong pertama’ saat HP Anda mengalami hang. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan agar HP Anda tak nge-hang.

1. Update Sistem Operasi HP Android

Setiap pembaruan sistem operasi (OS) menyertakan kode dalam perangkat lunak dan, dalam beberapa kasus mengembalikan fungsionalitas. Pengembang Android memantau pengoperasian berbagai perangkat dan membuat penyesuaian pada keseluruhan fungsi seluruh platform.

Sebagian besar pembaruan terkait dengan keamanan. Jadi pengguna mungkin tidak melihat perubahan besar. Namun perubahan tersebut memengaruhi fungsionalitas HP Anda.

2. Pembaruan Perangkat Lunak

Selain OS, sebagian besar aplikasi yang diinstal pada ponsel Android Anda harus diperbarui untuk kinerja yang lebih lancar dan lebih aman. Tidak memperbarui aplikasi berarti tidak memanfaatkan sepenuhnya.

Beberapa fitur akan mulai tidak berfungsi dengan benar atau mungkin tidak dapat dimulai sama sekali tanpa pemutakhiran terbaru. Jadi kami menyarankan Anda memperbarui aplikasi yang selalu digunakan. Ditambahkan juga dengan misalnya antivirus.

3. Clear Cache HP

Ada bagian di RAM yang menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan atau cache. RAM yang overflow menyebabkan perlambatan fitur tertentu. Semakin banyak file cache yang dimiliki program, semakin banyak yang akan hang. Jadi, Anda harus sering-sering membersihkan cache dan melakukannya sesering mungkin. Ini sangat berguna untuk messenger, browser, dan aplikasi YouTube.

4. ROM yang Penuh

Agar HP Android Anda berfungsi dengan baik, sebaiknya tidak hanya harus memantau status RAM tetapi juga ROM-nya. Untuk ini, Anda harus menghapus file lama yang tidak perlu. Pada saat yang sama, jika terlalu banyak video atau foto yang ingin Anda simpan, pindahkan ke cloud. Jangan lupa untuk menghapus file duplikatnya.

5. Virus

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, namun smartphone Android Anda masih hang, kemungkinan penyebabnya adalah virus. Sayangnya, Anda tidak dapat mendeteksinya sendiri. Jadi, Anda harus menginstal antivirus yang bagus.