Untuk Rumah Korban Gempa Cianjur Pemerintah Siapkan 2,5 Hektare Lahan

Berita957 views

Inionline.id – Untuk pembangunan sekitar 200 rumah bagi korban bencana gempa Cianjur yang terletak di Desa Sinargalih, Cianjur, Jawa Barat Pemerintah telah menyiapkan 2,5 hektar lahan.

“Rencana relokasi itu sudah ada lahan yang nanti akan dimulai tahap pertama itu adalah ditempatkan lahan 2,5 hektare kira-kira bisa menampung 200 hunian baru,” kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (1/11).

Muhadjir memastikan sisanya akan disediakan lahan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur di beberapa lokasi lain. Nantinya, pihak Badan Pertanahan Negara (BPN) yang akan mengurus sertifikat lahan tersebut.

“Tinggal persyaratan persuratan resmi aja yang nanti harus diurus di tingkat BPN,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan lahan 2,5 hektare itu sudah siap di bangun. Nantinya, rumah-rumah yang dibangun di lahan itu akan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha).

“Sekarang sudah land clearing dan segera kami mempunyai rumah Risha yang tahan gempa yang sudah proven teknologinya,” kata Basuki.

Ia menilai teknologi Risha dapat dilakukan karena tahan terhadap bencana gempa bumi. Teknologi ini sudah diterapkan pemerintah saat menangani bencana di berbagai wilayah belakangan ini.

Basuki juga mengatakan pelbagai fasilitas umum yang rusak bakal dibangun lagi oleh pemerintah. Baik rumah sakit, fasilitas kesehatan, sekolah, pesantren hingga kantor-kantor pemerintahan.

“Kita pakai di Aceh di NTT, NTB di Sulawesi Tengah itu dengan teknologi Risha. Nah ini akan kita bangun di Cianjur yang tahap pertama seperti yang disampaikan Pak Menko tadi 200 rumah tipe 36,” kata dia.

“Jadi mudah-mudahan mulai minggu depan itu sudah mulai bergerak diperbaiki,” jelasnya.