Tidak Hanya Sosialisasi Perda, Dewan Jabar Supono Terima Aduan Masyarakat Perihal Jalan Raya Cileungsi Yang Selalu Rusak

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Dalam sesi tanya jawab sosialisasi Peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Supono juga menerima keluhan dari Ketua PC Aisyiyah Cileungsi yaitu Ana Widyastuti yang mengatakan jalan raya Cileungsi selalu rusak sepanjang tahun.

“Memang harus dipetakan, dimana pemetaan jalan provinsi itu khusus untuk jalur-jalur provinsi dengan kapasitas berat yang tadi disampaikan Pak Supono, kalau memang overweight itu kenakan sanksi bagi kendaraan yang melanggar, karena di Cileungsi itu mayoritas perusahaan kontainer beban tonasenya luar biasa,” tuturnya.

Ana melanjutkan, “pelanggaran dimana mereka itu (kendaraan berat) harusnya diberikan jalur khusus infrastruktur tingkat nasional yang memang bobot dan kapasitasnya jalannya sudah terukur standar nasional untuk truk ekspor impor”.

Menanggapi keluhan ini, H. Supono mengatakan bahwa hasil pengawasannya untuk jalan raya provinsi di wilayah Cileungsi saat ini sedang dilakukan peningkatan dan perbaikan jalan.

“Analisa kami (Komisi IV DPRD Jabar) kerusakan jalan disebabkan tidak adanya infrastruktur yang tidak komplit,” kata H. Supono.

“Maka kemarin rapat terakhir saya dengan dinas itu kalau memperbaiki jalan mendorong harus satu paket dengan drainase dan pedestriannya, dalam perencanaan itu memang tidak ada jadi waktu saya cek sewaktu lelang itu hanya untuk jalan saja,” lanjut H. Supono.

Menurut politisi PAN ini, seharusnya drainase jalan itu harus ada karena yang merusak jalan itu disamping tonase yang overweight dan genangan air akibat tidak ada drainase jalan.

“Kemudian pedestriannya untuk keamanan dan kenyamanan pejalan kaki terutama yang melewati daerah yang padat atau ibu kota kecamatan,” pungkasnya.