Terasa Hingga Lumajang, Pusat Gempa Jember di Tengah Laut

Antar Daerah557 views
Inionline.id – Gempa bumi yang menggunjang Jember Jawa Timur ( Jatim ) dikabarkan terasa hingga Lumajang. Padahal titik gempa ada di 284 kilometer barat daya Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Gempa bumi berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Lokasi persisnya di 113.42 Lintang Selatan. Gempar dengan kekuatan 6.2 skala richter itu terjadi hari ini, Selasa (6/12/2022) pukul 13:07:48 WIB.

Warga di Posko Pengungsian di SDN 4 Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang pun merasakan gempa ini. Sejumlah petugas relawan bencana dan Anggota Polri bahkan berlari dari dalam ruangan menuju jalan raya Supiturang.

“Ada gempa, ada gempa, terasa guncangannya,” ucap salah satu relawan bencana Semeru, Selasa (06/12/2022).

Warga Supiturang yang berada di dalam rumah pun berlarian keluar. “Saya sedang Solat tadi pas gempa, cukup besar guncangannya,” kata Muhammad (57), warga Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Muhammad pun langsung keluar rumah dan berlari di pinggir jalan. “Pas terasa gempa, saya langsung keluar. Setelah erupsi Semeru kemarin baru hari ini terasa gempa terasa kuat guncangannya,” katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bencana gempa berkekuatan 6.2 ini. Belum ada laporan resmi dampak dari gempa bumi tersebut.

Namun BMKG memperingatkan warga agar mengantisipasi gempa susulan paska gempa pertama ini. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” demikian bunyi peringatan BMKG.

Untuk detailnya, lokasi gempa berada di 10.75 Lintang Selatan dan 113.42 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 284km Barat Daya Jember, di kedalaman 10 kilometer.

BMKG mengabarkan, meskipun pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilo meter, namaun gempa bumi ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.