Ini 4 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Ketika Musim Hujan

Kesehatan257 views

Inionline.id – Musim hujan telah tiba. Perubahan suhu cuaca menjadi lebih dingin ini membuat banyak orang khawatir akan kekebalan tubuh, membuat banyak yang mencari tahu bagaimana cara menjaga diri agar tetap kuat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Bagi kamu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, penyakit seperti flu, pilek, hingga demam akan lebih mudah menyerang dan mengganggu kesehatan tubuh.

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, masih ada beberapa tips sederhana lainnya untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat saat menghadapi musim hujan. Berikut beberapa tipsnya dilansir dari laman onehealthng.com.

Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Musim hujan adalah waktu terbaik bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Itulah sebabnya, mungkin beberapa orang di sekitarmu sudah ada yang terkena gejala penyakit seperti demam, pilek, dan tidak enak badan.

Supaya tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit, makanya kamu harus meningkatkan kekebalan tubuh. Cara paling mudahnya adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C bisa menjadi kandungan alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit flu. Kamu dapat menemukan kandungan vitamin C di berbagai buah-buahan seperti jeruk, pepaya, mangga, hingga nanas. Tambahkan juga suplemen vitamin C dengan dosis 1000mg untuk rutinitas harianmu.

Perbanyak Minum Air Mineral

Perbanyak minum air mineral dapat membantu tubuh membuang racun dan mengencerkan lendir di saluran pernafasan. Kalau sudah mulai merasa pilek, kandungan air yang telah dikonsumsi akan menjaga lendir di hidung agar tetap encer, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, banyak minum air mineral juga membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, orang dewasa harus mengonsumsi air mineral 6-8 gelas atau 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang sehat dan seimbang merupakan hal penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab, sebagian besar sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan, sehingga kamu harus menjaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Jika kamu membutuhkan bantuan, coba bicarakan dengan dokter masing-masing. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu untuk menentukan mana nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tidur yang Cukup

Biasakan tidur 7-8 jam per hari guna meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu saat memasuki musim hujan. Jangan menganggap sepele masalah tidur ini, dikutip dari laman My Heart Finder.

Tidur yang cukup bermanfaat mencegah tubuh sakit, menjaga berat badan ideal, dan menurunkan resiko masalah kesehatan yang serius. Seperti diabetes, penyakit jantung, dan beragam penyakit lainnya.

Itulah 4 tips sederhana untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat saat memasuki musim hujan. Yuk! lindungi diri dan keluarga di rumah dari segala macam penyakit di musim hujan ini.