Dewan Jabar Mochamad Ichsan Tepis Issue Sosialisasi 4 Pilar Sebagai Ajang Pencitraan DPRD

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan bersama Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) di Yayasan Dharmais, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (05/12/2022).

Saat sesi tanya jawab, Daffa anggota APPI menanyakan perihal issue sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang dinilai sebagai ajang pencitraan DPRD Jawa Barat.

“Apakah sosialisasi ini bentuk untuk mengembalikan lagi citra daripada anggota DRPD atau DPR RI untuk masyarakat ?,” tuturnya.

Terkait pertanyaan tersebut dengan tegas Mochamad Ichsan mengatakan bahwa issue tersebut tidak benar. Legislator asal Kabupaten Bogor ini menyebutkan bahwa program sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini justru menjalankan suatu amanah konsensus nasional yang hari ini terdapat penilaian ada pergeseran dari konteks narasi sosialisasi 4 pilar sebagai ajang pencitraan.

“Yang menjadi goals dari sosialisasi 4 pilar itu adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bernegara,” ungkapnya.

Hal inilah yang sebenarnya diharapkan, walaupun hari ini yang mengadakan itu sifatnya lembaga namanya DPRD atau DPR RI.

“Kita manfaatkan sebetulnya sebaik mungkin karena mungkin yang menjadi keutamaanya bisa jadi karena beranggaran dengan komunitas yang terbatas ini sehingga ada daya tarik kesertaannya berkurang,” imbuhnya.

“Maka diklarifikasi itu tidak ansih pencitraan agar lembaga ini diakui, tetap lembaga itu punya andil besar karena dia punya resources, punya anggaran karena masyarakat juga tidak mudah untuk bisa datang ke acara-acara ini karena ada jaringan saja dari partai,” lanjut Mochamad Ichsan.

Dirinya pun berharap, acara serupa seperti sosialisasi 4 pilar ini aktif dihadiri oleh masyarakat agar menjadi salah satu ajang diskusi dan menyampaikan ide serta gagasan dalam suatu forum. (JC)